Ini Dampak Covid-19 di Sumba Timur, 557 Tenaga Kerja Dirumahkan

Sebanyak 557 tenaga kerja di Kabupaten Sumba Timur dirumahkan oleh perusahaan yang memberi pekerjaan

POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Plt. Kadis Transnaker Kabupaten Sumba Timur Nico Pandarangga,S.TP, M.M 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Sebanyak 557 tenaga kerja di Kabupaten Sumba Timur dirumahkan oleh perusahaan yang memberi pekerjaan. Kondisi ini akibat adanya pandemi Corona Virus Disease ( Covid-19).

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Sumba Timur, Nico Pandarangga, S.TP, M.M saat ditemui di kantornya, Selasa (26/5/2020).

Menurut Nico, akibat adanya pandemi Covid-19 ini, ada sejumlah perusahaan di Sumba Timur yang akhirnya merumahkan tenaga kerja.

Penjabat Kepala Desa Lela Masuk Kantor dan Disambut Warga

" Sesuai data yang kami himpun, maka ada 557 orang yang terdampak Covid-19. Mereka semua dirumahkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja," kata Nico.

Dijelaskan, perkembangan tenaga kerja yang terdampak terus di-update oleh Dinas Transnaker Sumba Timur.

"Kita turunkan tim untuk cek di lapangan perkembangan dampak Covid-19 terhadap para karyawan dan juga buruh. Untuk di Sumba Timur rata-rata semuanya dirumahkan," katanya.

Ini Hasil Rapid Test Pertama Dua ODP dan Satu PDP di Belu

Dia mengakui, data tenaga kerja terdampak selalu dilaporkan ke pemerintah provinsi, dalam hal ini melalui Dinas Koperasi, Nakertrans NTT.

Lebih lanjut dikatakan, secara mandiri para tenaga kerja dan perusahaan tidak melaporkan ke dinas, oleh karena itu, pihaknya yang turun ke lapangan untuk menjemput bola.

"Dalam kondisi seperti dan juga dengan keterbatasan yang ada, kita yang turun dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk mendata berapa jumlah tenaga kerja yang mengalami dampak," ujarnya.

Nico merincikan tahapan laporan yang dibuat Dinas Transnaker Sumba Timur masing-masing, sejka tanggal 27 April 2020 jumlah tenaga kerja yang dirumahkan sebanyak 8 orang, pada tanggal 18 Mei 2020 sebanyak 490 orang, pada tanggal 20 Mei 2020 sebanyak 26 orang dan terakhir pada tanggal 26 Mei 2020 sebanyak 33 orang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved