Virus Corona

Australia Uji Coba Vaksin Virus Corona ke Manusia, Berharap Dapat Digunakan Akhir Tahun Ini

Perusahaan bioteknologi Novavax mulai melakukan uji coba vaksin Covid-19 ke manusia di kota Melbourne dan Brisbane, Australia

AP/ Ted S. Warren
Australia sedang melakukan uji coba vaksin Covid-19 ke manusia. 

Australia Uji Coba Vaksin Virus Corona ke Manusia, Berharap Dapat Digunakan Akhir Tahun Ini

POS-KUPANG.COM - Setiap negara berlomba-lomba menemukan vaksin untuk mencegah penyebaran dan infeksi virus corona pada manusia.

Perusahaan bioteknologi Novavax mulai melakukan uji coba vaksin Covid-19 ke manusia di kota Melbourne dan Brisbane, Australia, hari Selasa (26/5/2020). Jika berhasil, vaksin akan dirilis tahun ini juga.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu menguji keamanan vaksin kepada 131 relawan untuk memastikan efektivitasnya dalam mengatasi virus corona.

Menurut kepala penelitian Novavax, Dr. Gregory Glenn, pihaknya secara paralel membuat vaksin ini dengan harapan bisa menyembuhkan virus corona.

"Kami berharap vaksin sudah dapat digunakan pada akhir tahun ini," kata Dr Glenn dalam jumpa pers virtual di Melbourne, dari kantornya di Maryland, Amerika Serikat.

"Vaksin itu mukjizat dan mampu melindungi penduduk dari penyakit kronis ini. Saya sangat optimis hal itu bisa terwujud di sini," katanya.

Mengembangkan vaksin untuk mengatasi virus corona Sars-CoV-2 memiliki banyak tantangan dan sejauh ini belum ada yang berhasil pada manusia.
Mengembangkan vaksin untuk mengatasi virus corona Sars-CoV-2 memiliki banyak tantangan dan sejauh ini belum ada yang berhasil pada manusia. (National Institute of Allergy and Infectious Diseases, NIH)

Vaksin yang diujicoba di Melbourne saat ini dipilih dari kelompok 30 potensi vaksin yang ada.

Saat ini dari ratusan lembaga yang mengembangkan vaksin Covid-19, hanya belasan yang sudah mencapai tahap ujicoba ke manusia, yaitu di China, Amerika Serikat dan Eropa.

Belum diketahui apakah setiap uji coba tersebut akan aman dan efektif, karena mereka melakukan pengembangan vaksin dengan cara berbeda-beda.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved