Novena Pentakosta di Rumah Masing-masing, Lengkap Mulai Hari Pertama Hingga Hari Kesembilan

Biasanya Novena Pentakosta dimulai pada hari Jumat atau sehari setelah hari raya Kenaikan Yesus Kristus ke Surga dan akan berakhir pada hari Sabtu

Penulis: Agustinus Sape | Editor: Agustinus Sape

Novena Pentakosta di Rumah Masing-masing, Lengkap Mulai Hari Pertama Hingga Hari Kesembilan

POS-KUPANG.COM - Umat Katolik sedunia mempunyai tradisi melakukan Novena Roh Kudus atau Novena Pentaskosta, yakni berdoa berturut-turut selama sembilan hari untuk memohon datangnya Roh Kudus, yang akan dirayakan pada hari raya Pentakosta.

Biasanya Novena Pentakosta dimulai pada hari Jumat atau sehari setelah hari raya Kenaikan Yesus Kristus ke Surga dan akan berakhir pada hari Sabtu, sehari menjelang perayaan Pentakosta.

Tradisi ini sebenarnya bersumber pada kebiasaan para rasul dan jemaat Gereja perdana sebagaimana juga tertulis dalam Kisah Para Rasul, yakni setelah Yesus naik ke Surga para murid bersama Bunda Maria bertekun dalam doa memohon datangnya Roh Kudus.

Apa yang mereka lakukan pun berdasarkan pesan dan janji Yesus sendiri sebelum naik ke surga, bahwa meskipun Dia pergi, Dia akan mengutus Roh Kudus kepada mereka. Roh Kudus akan menerangi hati dan pikiran mereka serta memberanikan mereka untuk mewartakan Injil kepada segala bangsa.

Berikut adalah rumusan Novena Pentakosta atau Novena Roh Kudus, yang diperoleh POS-KUPANG dari Grup WhatsApp (WAG), Jumat (22/5/2020), lengkap mulai hari pertama hingga hari kesembilan.  

HARI PERTAMA, 22 MEI 2020

Tanda Salib

Doa

Datanglah Ya Allah Roh Kudus, penuhilah hati umat-Mu, dan nyalakanlah di dalamnya api cinta kasih-Mu. Utuslah Roh-Mu, maka semuanya akan dipulihkan lagi dan Engkau membaharui muka bumi.

Aku Percaya …

KITAB SUCI
" Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kudus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.” (1Ptr 1:11).

Doa
Ya Allah Roh Kudus, sumber cinta kasih, kebaikan, kebenaran dan kekudusan. Engkau telah dianugerahkan Bapa untuk memberikan kesaksian tentang seluruh peristiwa hidup Yesus. Kami bersyukur atas anugerah untuk mengenal pribadi Yesus Kristus dalam hidup keluarga kami. Curahkanlah ketenangan hidup dalam keluarga kami di saat yang sulit sekarang ini. Semoga kehadiran-Mu selalu menyegarkan serta 2 menguatkan hidup iman kami, sehingga dalam pembatasan hidup di rumah, kami selalu merasakan kehadiran Kristus yang bangkit dalam cinta kasih. Amin.

Bapa Kami, Salam Maria (3X), Kemuliaan (3X)

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved