News

Instruksi Bupati Manggarai, Semua Karyawan Perusahaan Periksa Kesehatan Lacak Covid-19, Ini Dasarnya

Permintaan itu disampaikan Bupati Manggarai Dr Deno Kamelus, SH,HM dalam surat Instruksi Bupati Manggarai Nomor HK/5/2020 Tentang Pencegahan Corona

POS-KUPANG.COM/ROBERTUS ROPO
Bupati Manggarai Dr Deno Kamelus, SH.,MH. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Robert Ropo

POS KUPANG, COM, RUTENG - Pimpinan, Direktur atau Pemilik Perusahan diminta untuk wajib menyampaikan kepada karyawanya untuk segera memeriksakan diri jika terdapat kondisi tubuh memiliki gejala klinis awal Covid-19, seperti sesak nafas, batuk, pilek, demam dan suhu tubuh tinggi minimal 37,5 derajat.

Permintaan itu disampaikan Bupati Manggarai Dr Deno Kamelus, SH,HM dalam surat Instruksi Bupati Manggarai Nomor HK/5/2020 Tentang Pencegahan Meluasnya Penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19.

Salinan surat itu diterima Pos Kupang dari Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Lodovikus D Moa, Kamis (21/5).

Dalam surat Instruksi yang ditujukan kepada Pimpinan BUMN, BUMD, Perusahan Swasta, Para Camat dan Para Kepala Desa serta Lurah itu, terdapat sejumlah poin, antara lain selain permintaan diatas, juga diminta kepada seluruh karyawan untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19, seperti wajib pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir, mengindari kerumunan orang dan tidak melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak.
Segera melaporkan jika terdapat karyawan di tempat usaha ada karyawan yang diduga mengalami gejala klinis covid-19 kepada petugas dalam waktu 24 jam. Jika ada karyawan yang datang dari daerah terpapar segera melaporkan kepada petugas.

Barang siapa yang dengan sengaja tidak melakukan atau menghalangi-halangi usaha-usaha dan kewajiban-kewajiban diatas seperti sejumlah poin instruksi itu, maka akan dikenakan sanksi pidana sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku.

Sementara itu, data jumlah pelaku perjalan yang datang dari daerah terpapar Covid-19 secara keseluruhan hingga, Rabu (20/5) pada pukul 20.00 Wita sebayak 4.101 orang. Dari jumlah itu sebanyak 4.068 orang sudah selesai masa isolasi, sedangkan 33 orang masih dalam isolasi.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Lodovikus D. Moa menyampaikan itu kepada Pos Kupang, Kamis (21/5) pagi.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sampai dengan, Rabu (20/5), sebanyak 84 orang. Dengan rincian 2 orang dalam masa pemantauan dan 82 orang selesai masa pemantauan. *

Penulis: Robert Ropo
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved