Himah RAMADHAN: Ramadhan Di Tengah Wabah Covid-19

Para pembaca Pos Kupang kaum Muslim yang di rahmati Allah SWT, marilah kita senantiasa bersyukur kehadirat Allah SWT

Himah RAMADHAN: Ramadhan Di Tengah Wabah Covid-19
ISTIMEWA
Chariul Pua Tingga

POS-KUPANG.COM - Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillahi Rabbil'alamiin, para pembaca Pos Kupang kaum Muslim yang di rahmati Allah SWT, marilah kita senantiasa bersyukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak kenikmatan yang tak sanggup kita untuk menghitungnya, terutama nikmat yang paling besar yaitu nikmat iman.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Rasulullah SAW, yang telah menjadi teladan yang sempurna bagi kita umat manusia.

Para pembaca Pos Kupang yang di Rahmati Allah SWT, roda kehidupan begitu cepat berputar, tak terasa kita kini telah berada di penghujung bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan, bulan penuh keberkahan, dan pahala yang berlipat ganda bagi umat islam yang ta'at menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Ramadhan pada tahun ini memang luar biasa, penuh perjuangan untuk kita umat Islam yang menjalaninya.

Pengurusan Surat Keterangan Bebas RDT Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat Gratis

Wabah virus Covid-19 yang menimpa hampir di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di negeri kita tercinta, di provinsi kita tercinta NTT tak luput dari penyebaran virus Covid-19. Tentunya musibah ini sangat berdampak pada kegiatan-kegiatan ibadah umat beragama, termasuk kita umat Islam yang pada bulan April hingga Mei ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Para pembaca Pos Kupang yang di Rahmati Allah SWT, walaupun dengan adanya wabah virus Covid-19 ini, ternyata ada hikmah di balik musibah ini yang perlu kita ambil sebagai pelajaran untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT Dzat Maha Menciptakan Segala Sesuatu. Dengan adanya virus Covid-19 ini, secara tidak langsung kita diajarkan untuk menjadi umat yang tangguh, umat kuat, hal ini terbukti, walaupun dunia sedang ramai-ramainya dilanda musibah, namun kita masih tetap dapat menjalankan ibadah sholat, ibadah puasa, dan ibadah-ibadah yang lain pada bulan Ramadhan dengan penuh suka cita, penuh keikhlasan mengharapkan Ridho Allah SWT.

Camat Kota Waikabubak : Bangun Pos Jaga untuk Tertibkan Pedagang dan Penggunaan Masker

Selain menjadi umat yang tangguh dan kuat, hikmah dari wabah virus Covid-19 ini adalah kita lebih dekat dengan keluarga yang kita cintai, karena seluruh kegiatan ibadah sholat lima waktu beserta sholat sunnah tarawih kita jalankan secara jama'ah di rumah masing-masing yang biasanya pada tahun-tahun sebelumnya kita banyak menajalankan ibadah sholat berjama'ah di masjid-masjid dan musholla-musholla.

Bagi laki-laki yang sudah berkeluarga menjadi imam dalam rumah tangga benar-benar diuji kemampuannya dalam memimpin segala aktivitas ibadah dalam rumah tangganya, yang biasanya kita selalu jadi ma'mum di masjid, ketika adanya wabah virus Covid-19 ini, dimana imbauan pemerintah untuk seluruh aktivitas kita dilakukan di rumah termasuk ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini.

Akhirnya kita dituntut harus bisa menjadi imam dalam sholat berjama'ah dalam keluarga kita, selama satu bulan penuh kita juga disibukkan dengan menghafal surah-surah pendek, belajar mengaji yang benar sesuai makhrajal hurufnya, agar kita mampu menjadi imam sholat yang baik buat keluarga kita.

Para pembaca Pos Kupang yang di Rahmati Allah SWT, banyak kita baca berita di media-media sosial dimana banyak yang menceritakan kisahnya yang unik-unik dalam menjalankan ibadah sholat berjama'ah di rumah dengan pasangan atau dengan keluarganya. Ini membuktikan bahwa sebagai laki-laki yang mempunyai peran sebagai kepala keluarga dan imam dalam rumah tangganya tidak hanya dituntut harus mampu menafkahi lahir dan bathin kepada anggota keluarganya, tetapi juga harus mampu menjadi imam dalam menjalankan ibadah sholat dan tadarrus bersama yang merupakan bentuk tanggungjawab kita sebagai kepala rumah tangga kita untuk menjaga keluarga kita dari panasnya api neraka kelak, dan juga bentuk keta'atan kita sebagai hamba kepada Tuhan kita Allah SWT Dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Dan Alhamdulillah kita mampu melewati itu semua hingga sampai di penghujung Ramadhan tahun ini, semoga amal ibadah kita di Ramadhan kali ini mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Semoga kita juga semakin dekat dengan keluarga kita dan mampu menjadi teladan yang baik dalam hidup berumah tangga, bertetangga, berbangsa, dan bernegara.Amiin..amiin...Yaa Rabbal'alamiin. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved