Corona di NTT

Update Data Covid-19 NTT Hari Ini, 30 Kasus Positif Covid-19, Dua Pasien Sembuh

Pertambahan 12 kasus positif tersebut membuat akumulasi total kasus positif Covid-19 di NTT menjadi 30 kasus dari sebelumnya 18 kasus

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 NTT drg Dominikus Minggu Mere didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19 NTT Ardu Jelamu Marius saat memberi keterangan pers pada Rabu (13/5/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kasus Positif Covid-19 di wilayah Provinsi NTT bertambah per Rabu (13/5/2020). Pertambahan 12 kasus positif tersebut membuat akumulasi total kasus positif Covid-19 di NTT menjadi 30 kasus dari sebelumnya 18 kasus.

Dari hasil pemeriksaan sampel swab di laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang pada Selasa (12/5/2020), 11 dari 82 spesimen swab dinyatakan positif. Sampel positif tersebut terdiri dari 9 sampel rujukan RSUD Komodo Labuan Bajo, 1 sampel rujukan RSUD Ende dan satu sampel lainnya rujukan RSUD Soe.

Dari total jumlah tersebut, sampel rujukan RSUD Komodo dan RSUD Ende merupakan sampel yang berasal dari cluster Gowa sementara satu sampel RSUD Soe merupakan sampel yang berasal dari cluster Magetan.

Wabup Lembata Pantau Langsung Penyaluran BLT di Ile Ape Timur

 "Dari 92 spesimen swab yang diperiksa di laboratorium RSUD Prof WZ Johannes Kupang, diketahui ada 11 yang positif Covid-19," ujar Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT drg Dominikus Minggu Mere dalam jumpa media yang dilaksanakan di media center Kantor Gubernur NTT pada Rabu (13/5/2020) siang. 

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikirim dari Laboratorium Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Kesehatan Jakarta, satu sampel swab asal NTT dinyatakan positif. Sampel tersebut berasal dari Kabupaten Sumba Timur dan sampel tersebut berasal dari cluster Jakarta. 

Cegah Penyebaran Covid-19, Pius Weraman: Sebaiknya Tutup Pasar Dalam Waktu 14 Hari

"Satu lagi positif Covid-19 dari kabupaten Sumba timur Waingapu, itu cluster baru dari STT di daerah Grogol Jakarta," ujar Minggu Mere yang didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19 NTT Ardu Jelamu Marius.

Dalam keterangan pers pada Rabu malam, Jubir Gugus Tugas Covid-19 NTT Ardu Jelamu Marius mengatakan, hingga Rabu, jumlah kasus positif Covid-19 Provinsi NTT menjadi 30 kasus. Dua pasien positif dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia. Sehingga total positif Covid-19 NTT berjumlah 27 orang. 

Ia merinci, berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT yang ditabulasi dari Kabupaten/kota se NTT hingga Rabu, total jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 536 orang. Berkurang dari sehari sebelumnya yang mencapai 620 orang  Sebanyak 91 OTG sudah selesai dipantau sementara sisanya sebanyak 445 orang masih dipantau hingga kini. 

Untuk total orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1.692. ODP yang selesai masa pemantauan berjumlah 1.448, sementara yang saat ini menjalani karantina mandiri sebanyak 220 ODP, karantina terpusat 15 ODP, meninggal 3 ODP serta yang dirawat di rumah sakit sebanyak 6 ODP.

Dari enam ODP yang dirawat di rumah sakit, masing masing tersebar sebagai berikut. Satu orang di RSUD Ben Mboi Ruteng, satu orang di RS Siloam Labuan Bajo, satu orang di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, dua orang di RSUD TC Hillers Maumere dan satu di RSUD Lewoleba Lembata. 

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 67 orang. PDP yang dipantau di rumah sebanyak 5 orang, di rumah sakit sebanyak 10 orang, yang meninggal 10 orang sementara 41 dinyatakan sembuh. 

Sebanyak 10 pasien masih dirawat di rumah sakit tersebut terdiri dari, satu DI RSUD Prof WZ Johannes Kupang, satu orang di RSUD Waikabubak Sumba Barat, dua RSUD Umbu Rara Meha Sumba Timur, satu orang di RSUD Ben Mboi Ruteng, dua di RSUD Lewoleba, satu di RSUD TC Hillers Maumere, satu orang di RSUD SK Lerik Kupang dan RS Borong Kabupaten Manggarai Timur.

Pasien dalam pengawasan (PDP) yang dipantau di rumah sebanyak lima orang, terdiri dari tiga orang di Kabupaten Alor, satu orang di Kabupaten Sumba Barat dan satu di Kabupaten Lembata. 

Sementara untuk jumlah total sampel yang dikirim untuk tes swab sebanyak 397. Hasilnya sebanyak 168 dinyatakan negatif, sebanyak 34 hasil dinyatakan positif dan 267 lainnya belum ada hasil. 

Dari 27 positif Covid-19, sebanyak 15 orang dirawat di rumah sakit yakni  2 orang di RS Komodo Labuan Bajo, 8 orang di RS Bhayangkara Drs Titus Uly, 1 orang di RS Fernandez Flores Timur, 1 orang di RSUD Soe, 1 orang di RSUD Aeramo Nagekeo dan 1 orang di RSUD Ende. Sementara dua orang karantina mandiri, yakni satu di Soe Kabupaten TTS dan satu di Waingapu Sumba Timur serta sejumlah 10 orang dikarantina terpusat di Labuan Bajo. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved