Breaking News:

BBPP Kupang

Cara Budidaya Pepaya California Ala Petani Milenial

Panen dilakukan dengan cara memotong bagian tangkai buah dengan gunting pangkas atau pisau yang tajam.

BBPP Kupang
GS Organik merupakan usaha yang didirikan pada 2013 oleh Gestianus Sino, SP di Kabupaten Kupang. 

Cara Budidaya Pepaya California Ala Petani Milenial

POS-KUPANG.COM--Menanam dan membudidayakan pepaya california bisa menjadi alternatif untuk memulai usaha dengan keuntungan yang besar.

Pasalnya, buah ini merupakan salah satu buah sehat yang banyak disukai orang dan permintaan pasarnya yang tinggi, sehingga akan banyak orang yang mencarinya.

Secara umum, pepaya california akan nampak sama saja dengan pepaya pada umumnya. Namun jika dilihat lebih dalam, pepaya california ini memiliki keunggulan dalam hal rasanya yang manis dan segar, warna buahnya yang merah serta daging buahnya yang tebal jika dibandingkan dengan pepaya biasa.

Hal ini yang di lakukan oleh Petani Melenial Gestianus Sino menangkap peluang besar dalam budidya Pepaya California.

Gestianus Sino alias Gesti, demikian nama pemuda itu adalah petani organik NTT yang mengembangkan konsep pertanian terpadu di atas lahan seluas sekitar 1000 m2 di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Pada tahun 2013 ia memutuskan untuk meninggalkan status pegawai honor dan mulai menggarap lahannya dengan menanam pepaya California.

Sejalan dengan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan menyampaikan sektor pertanian menjadi harapan, tulang punggung ditengah upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. SYL meyakini usaha dan kredibilitas generasi muda di bidang pertanian semakin berkembang.

“Saya makin percaya anak muda yang mau terjun dibidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kalian” ujar SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nusyamyi mengatakan, peran generasi milenial mampu ikut membantu menjadi corong positif pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian, dengan mempercepat advokasi kepada masyarakat terutama berkaitan dengan program-program Kementerian Pertanian.

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved