Breaking News:

Ramadhan 2020

Ada 11 Kelompok Pasien yang Dianjurkan Tak Berpuasa Selama Ramadhan, Semoga Anda Tidak Termasuk

Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan diinfus baik infus cairan maupun makanan atau pasien yang sedang mendapat transfusi darah.

KOMPAS.com/Istimewa
Ilustrasi pasien sedang dirawat. 

Ada 11 Kelompok Pasien yang Dianjurkan Tak Berpuasa Selama Ramadhan, Semoga Anda Tidak Termasuk

POS-KUPANG.COM - Selamat memasuki bulan Ramadhan bagi umat Islam. Semoga segera bisa menyesuaikan diri meski baru di awal puasa dan bertahan sampai akhir dan tuntas.

Ya, Pemerintah telah menetapkan awal puasa Ramadhan 1441 H dimulai pada Jumat (24/4/2020). Seluruh umat Islam melaksanakan satu bulan penuh ibadah puasa.

Ramadhan di tahun ini bertepatan dengan maraknya virus corona sehingga sejumlah aktivitas ibadah seperti shalat tarawih yang biasanya dilakukan berjemaah di masjid dianjurkan untuk dilakukan di rumah tidak di masjid/mushala.

Pembatasan aktivitas ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona kian meluas.

Terkait kelangsungan puasa Ramadhan, dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Ari Fahrial Syam mengungkapkan, ada 11 kelompok pasien yang tidak disarankan untuk menjalankan puasa Ramadhan.

Siapa saja mereka?

1. Pasien dalam perawatan rumah sakit dan dalam keadaan diinfus baik infus cairan maupun makanan atau pasien yang sedang mendapat transfusi darah.

Menurutnya, tindakan tersebut dapat membatalkan puasa.

"Pemberian infus makanan dan darah membatalkan puasa. Tentu hal ini berlaku untuk pasien Covid-19 yang sedang dirawat," ujar Ari kepada Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved