Klinik Pratama Undana Adakan Simulasi Penanganan Pasien Covid-19

Klinik Pratama (RS) Universitas Nusa Cendana ( Undana) melakukan simulasi penanganan pasien Corona virus disease ( Covid-19)

POS-KUPANG.COM/ELLA UZU RASI
Koordinator tenaga medis Klinik Pratama Undana, Yudy Pa 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Klinik Pratama (RS) Universitas Nusa Cendana ( Undana) hari ini Kamis (23/04/2020) melakukan simulasi penanganan pasien Corona virus disease ( Covid-19).

Simulasi diikuti oleh 43 orang dari Dinas Kesehatan Propinsi sebagai Pegawai Tidak Tetap (PTT), 23 orang pegawai Undana yang telah bekerja di Klinik Pratama Undana sebelumnya, 12 orang dari pihak ketiga terkait Cleaning Service ditambah 4 orang dari Rumah Sakit Umum (RSU) Prof W. Z. Yohanes, Kupang, sebagai senior.

Babinsa dan Komunitas Peduli NTT Bagi Sembako dan Masker Untuk Warga Oebobo

Dalam proses simulasi dilibatkan semua profesi terkait seperti security, tenaga kesehatan dan cleaning service.

Yudi Pa, koordinator tenaga medis Klinik Pratama Undana yang memimpin simulasi mengatakan, hari ini masih simulasi alur dengan hal - hal teknis apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam menghadapi pasien Covid-19.

Prabowo Puji Jokowi, Usai Rizal Ramli di ILC Sebut Dirinya Bongkar Korupsi Alutsista Rp 50 Triliun?

Ia juga menambaakan, masih banyak kekurangan yang ditemui dalam proses simulasi tersebut.

"Namanya kita baru memulai pasti ada banyak kekurangan, tapi kita berusaha penuhi. Selama ini kita persiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bekerja dan selama proses simulasi tadi memang masih ada kekurangan, tapi itu pasti bisa diatasi sambil jalan" ujarnya.

Kekurangan yang disebutkan terkait beberapa fasilitas umum yang belum lengkap namun untuk Alat Pelindung Diri (APD) dikatakan Yudy persiapannya cukup.

"Kalau untuk APD saat ini cukup. Sudah ada stoknya. Yang menjadi kendala sekarang adalah fasilitas furniture seperti meja kursi itu kita masih ada kekurangan namun pelayanan terkait Covid-19 saat ini kita sudah bisa terima pasien" terangnya.

Yudy juga menjelaskan, saat ini, belum ada kiriman pasien sehingga proses simulasi menggunakan tenaga - tenaga medis yang selama ini sudah dipersiapkan untuk bekerja.

Untuk diketahui, Klinik Pratama Undana pertama kali beroperasi untuk menangani Covid-19 sebagai bentuk tanggap darurat terhadap wabah yang mendunia. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ella Uzu Rasi)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved