TRIBUN WIKKI : Piarakuku Hils, Kabupaten Sumba Timur Bagian Negeri di Atas Awan

nda berada diatas puncak bukit ini mata anda akan disuguhkan dengan keindahan padang rumput yang membaluti bukit-bukit

POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Pengunjung Jublina Djami sedang foto menggunakan sarung sumba Timur dari atas puncak bukit Piarakuku Hils 

TRIBUN WIKKI : Piarakuku Hils, Sumba Timur Bagian Negeri di Atas Awan

POS-KUPANG.COM--Pulau Sumba terkenal dengan pulau yang sangat eksotik, pasalnya memiliki alam yang sangat indah dan menyimpan banyak spot wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah bukit Piarakuku Hils yang teletak di Desa Persiapan Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Bukit Piarakuku Hils kini sedang hits atau jadi trending topic setelah seorang pengagas Jeferson Ama mengimbarkan bandera Merah Putih di puncak bukit itu pada bulan Agustus 2019 lalu.

Kini bukit Piarakuku Hils menjadi lokasi wisata yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal, Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Betapa tidak dari atas bukit itu menawarkan keindahan yang menakjubkan yang dapat memanjakan mata anda. Ketika anda berada diatas puncak bukit ini mata anda akan disuguhkan dengan keindahan padang rumput yang membaluti bukit-bukit dan lembah-lembah di sekelingnya sejauh mata anda memandangnya.

Bukan hanya ini saja yang disuguhkan, bukit ini bikin anda jadi baper sebab dibukit ini juga menyuguhkan sinar sunset dan sunrise pada pagi dan sore hari. Di atas bukit juga anda bisa menyaksikan berjenis-jenis patung dari batu alam asli Sumba.

Patung-patung itu karya Jeferson Ama. Jeferson Ama merupakan putra Asli Sumba Timur, pada patung itu Jeferson melukiskan seorang pria perkasa yang sedang mengenakan pakian adat Sumba Timur dan sejumlan patung lain berukuran kecil seperti mamulih (simbol kesuburan perompuan Sumba) dan kini sedang dilukisnya.

Jeferson Ama yang juga merupakan seorang penggagas dan juga pengelola bukit Piarakuku Hils kepada POS-KUPANG.COM, Senin (20/4/2020) mengatakan lokasi Piarakuku Hils ia juga memasang patung-patung karyanya di atas puncak bukit Piarakuku Hils selain untuk menambah keindahan, juga sebagai cara untuk pengunjung bisa mengetahui budaya asli Sumba Timur serta dapat menarik minat para pengunjung.

"Untuk sementara baru patung seorang pria berpakian adat Sumba Timur, ada juga patung mamulih dan sejumlah patung lain simbol budaya Sumba Timur yang sedang saya buat. Ini sengaja saya simpan di atas bukit itu untuk pengunjung bisa mengetahui budaya orang Sumba Timur, juga karena adanya patung itu juga bukit ini makin terkenal,"jelas Jeferson.

Halaman
123
Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved