Simak Kisah: Derita Ibu Hamil di Pedalaman Sikka - NTT Puskesmas Jauh Melahirkan di Hutan

Yanti ibu hamil asal Kampung Wolowajo di Desa Poma, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, melahirkan bayinya di tengah hutan d tengah perjalanan menuju kam

Simak Kisah: Derita Ibu Hamil di Pedalaman Sikka - NTT Puskesmas Jauh Melahirkan di Hutan
istimewa
Ibu bayi dan sanak keluarga yang melahirkan di tengah jalan di tengah hutan di Kampung Wolowajo, Desa Poma, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Senin (6/4/2020

POS.KUPANG.COM, MAUMERE--- Di saat warga Kabupaten Sikka di Pulau Flores diliputi kecemasaan dengan wabah virus corona (Covid-19), Yanti ibu hamil asal Kampung Wolowajo di Desa Poma, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, melahirkan bayinya di tengah hutan d tengah perjalanan menuju kampungnya Senin (6/4/2020) malam.

Jalanan rusak parak tak bisa dilalui kendaraan, tak ada jaringan telekomunikasi dan fasilitas kesehatan di kampung itu. Sang bayi dan ibunya dikabarkan sehat dan saat inu telah ditangani tenaga medis.

Sanak keluarga Yanti, Veronika Fede, dihubungi POS-KUPANG. COM. Kamis (9/4/2020) menuturkan, pada malam itu Yanti bersama suami Dus dan ibu mertuanya jalan kaki menuju ke kampung. Di tengah jalan,Yanti tak kuat menahan sakit perut hendak melahirkan akhirnya melahirkan di tengah hutan.

Sang mertua nekat jalan di tengah kegelapan menuju kampung memanggil dukun terlatih dilihat para petugas ronda malam itu Proses persalinan berlangsung hingga selesai sekitar pukul 22.30 Wita. Yanti diangkut dengan gerobak menuju Kampung Wolowajo.

“Jarak rumah ke Puskesmas Paga sangat jauh, Malam itu tidak ada kendaraan yang datang ke kampung. Untuk sampai ke jalan yang dilintasi kendaraan, mereka mendaki dan menurun melewati jalan kecil berlubang dan berbatu di tengah hutan,” kata Veronika.

Di Kampung Wolowajo, diakui Veronika, belum tersedia fasilitas kesehatan. Kaum ibu hamil mengandalkan dukun terlatih yang ada di kampung itu.

“Memang ada seorang bidan desa, namun dia tidak tinggal di sini,” kata Veronika.
Ia mengatakan, mereka sulit menelpon bidan desa. Karena jaringan telphon seluler belum bisa menjangkau ke kampung tersebut.

Hari Selasa (7/4/2020) kata Veronika, mereka pergi ke sebelah bukit berhasil menelpon bidan desa. Bidan menyarankan mengantar ibu dan bayinya ke Puskesmas Paga. Namun Yanti mengaku masih pusing belum bisa jalan. (laporan wartawan POS-KUPANG.COM, eginius mo’a).

Ibu bayi dan sanak keluarga yang melahirkan di tengah jalan di tengah hutan di Kampung Wolowajo, Desa Poma, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Senin (6/4/2020
Ibu bayi dan sanak keluarga yang melahirkan di tengah jalan di tengah hutan di Kampung Wolowajo, Desa Poma, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Senin (6/4/2020 (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved