P4S KWT Damai Binaan BBPP Kupang Produksi MINYAK VCO

Dalam hal meningkatkan kesejahteraan petani sepatutnya mengacu pada konsep pertaniaan terintegrasi.

Dok. BBPP Kupang.
P4S KWT Damai Binaan BBPP Kupang Produksi MINYAK VCO. 

P4S KWT Damai Binaan BBPP Kupang Produksi MINYAK VCO

POS-KUPANG.COM I NOELBAKI---P4S Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Noelbaki Kabupaten Kupang, mulai memproduksi minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) untuk kesehatan dan kebutuhan rumah tangga.

Seperti dipaparkan Clara Tawa, Ketua P4S KWT Damai apabila digarap dengan serius potensi minyak VCO bisa memberikan tambahan pendapatan terutama bagi petani.

Dalam hal meningkatkan kesejahteraan petani sepatutnya mengacu pada konsep pertaniaan terintegrasi.

Produksi VCO P4S KWT Damai ini dilakukan langsung oleh Ketuanya yaitu Clara Tawa yang di produksi di rumahnya dengan menggunakan kelapa yang kualitasnya bagus, VCO P4S KWT damai sering di ikutkan ke ajang promosi seperti pada pameran Pembangunan di daerah NTT maupun pernah di ikutkan dalam Pameran HPS oleh BBPP Kupang.

“ Kami sangat senang karena produk kami di apresiasi oleh BBPP Kupang dan akan di bantu pemasarannya dengan memasukkannya ke dalam outlate milik balai. Untuk sementara kami baru memproduksi untuk kalangan sendiri dan warga lokal saja yang membutuhkan," kata Clara.

Clara memproduksi VCO setiap 2 minggu sekali. Untuk bisa memproduksi minyak kelapa murni tersebut, Clara membutuhkan sekitar 40 butir kelapa dengan hasil 2 liter minyak kelapa murni.

Dan di kemas dalam botol Kapasitas 100 mll. VCO tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 25 ribu per botol.

Meski baru diproduksi secara terbatas, menurut dia, permintaan masyarakat, khususnya di kota maupun Kabupaten Kupang cukup besar. Minyak ini sangat diminati konsumen karena diyakini sangat baik untuk kesehatan dan mencegah kolesterol jahat di dalam tubuh.

"Tidak menutup kemungkinan ke depan kami akan memproduksi secara massal karena sangat bermanfaat bagi masyarakat, “ungkap Clara.

Halaman
123
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved