Ternyata Orang yang Diduga ODP di TTU Menderita Sakit Sudah Lama Sebelum Covid-19

Beliau sakit biasa. Batuk-batuk biasa. Dan tadi malam kami sampai ketemu dengan orangny

Ternyata Orang yang Diduga ODP di TTU Menderita Sakit Sudah Lama Sebelum Covid-19
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI/
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Lake. 

Ternyata Orang yang Diduga ODP di TTU Menderita Sakit Sudah Lama Sebelum Covid-19

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Thomas Laka mengungkapkan bahwa orang yang dirawat di Rumah Sakit (RS) Leona Kefamenanu tidak masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan ODP Covid-19.

Pasalnya, setelah pihaknya melakukan pengecekan semalam di rumah orang tersebut, ternyata yang bersangkutan menderita sakit batuk-batuk sudah lama sebelum kasus Covid-19 terjadi.

Untuk itu, kata Thomas, orang tersebut tidak masuk dalam ODP Covid-19. Meskipun demikian, yang bersangkutan sementara dalam pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten TTU.

"Beliau dalam pengawasan kami sekarang. Setiap hari kita akan awasi. Tim kita sudah bentuk. Tadi malam Kabid P2 sendiri yang pergi. Dan beliau tidak menunjukan gejala yang diduga dan tadi saya sudah minta Direktur RSUD dan Direktur Rumah Sakit Leona kami duduk untuk sampaikan hal ini," ungkap Thomas kepada Pos Kupang saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/3/2020).

Ditambah lagi, terang Thomas, orang tersebut selama ini tidak pernah berpergian ke luar daerah sehingga sangat tidak mungkin jika yang bersangkutan terpapar virus corona.

"Beliau sakit biasa. Batuk-batuk biasa. Dan tadi malam kami sampai ketemu dengan orangnya," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar kabar bahwa di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) sudah ada satu warga yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) Virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini menyebutkan bahwa masuknya seorang yang masih dirahasiakan identitasnya tersebut karena yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di salah satu rumah sakit di Kota Kefamenanu pada, Minggu (22/3/2020) malam.

Atas informasi tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Laka membenarkan bahwa pihaknya mendapat laporan dari call center mengenai seorang yang sedang dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Kefamenanu.

Meskipun demikian, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pasien tersebut untuk memastikan apakah pasien yang dirawat tersebut masuk dalam kategori ODP Covid-19 atau tidak.

"Yang di Leona, yang adik-adik dengar itu, memang tadi malam setelah bapak (sekda) kontak saya, ada informasi masuk. Tapi tadi malam mereka kasih laporan ke call center, maka pagi ini kita rencana ke sana untuk pemeriksaan kesehatan, secara tim dan dinas kesehatan," ujarnya.

Diakui Thomas, informasi mengenai dugaan sudah ada satu ODP Covid-19 di wilayah Kabupaten TTU secara lisan sudah diterima, namun secara medis, pihaknya harus turun langsung untuk melakukan pemeriksaan.

Thomas menjelaskan, dalam rangka menangani penyebaran covid-19, pihaknya sudah sediakan call center yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengaduan atau pemberitahuan mengenai virus mematikan itu sehingga bisa direspon secara cepat oleh dinas.

Kharisma Stationery Berikan Layanan Gratis Ongkir Belanja Online

ODP Covid-19 di Sumba Timur Bertambah Jadi 15 Kasus

Cegah Penyebaran Corona, 13 Lokasi Kerumunan Warga Maumere Dibubarkan Polres Sikka

"Nomor call center-nya itu 085333828987, itu nomor call center Covid-19 di Dinas Kesehatan dan itu 24 jam, pakai piket,” ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved