Pilkada 2020 - Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Bawaslu Saat Awasi Vertual

Beberapa hal yang perlu diperhatikan Bawaslu NTT saat awasi verifikasi faktual Pilkada 2020

Pilkada 2020 - Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Bawaslu Saat Awasi Vertual
Dokumentasi pos kupang
Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan Bawaslu NTT saat awasi verifikasi faktual Pilkada 2020

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Lembaga Bawaslu NTT mengingatkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh Bawaslu di kabupaten dan jajarannya terkait pelaksanaan verifikasi faktual (vertual) syarat minimal dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan ( bapaslon) bupati dan wakil bupati pada pilkada 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu NTT, Jemris Fointuna menyampaikan hal ini, Sabtu (21/3/2020).

Seperti Ini Suasana Saat Paket SEHATI Terima Rekomendasi dari Partai NasDem

Menurut Jemris, dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona ( Covid-19) , maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Bawaslu saat pelaksanaan vertual.

"Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengawas di lapangan saat vertual antara lain, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitizer," kata Jemris.

Dijelaskan, selain mencuci tangan selalu, juga menjaga jarak 1 meter dengan petugas verifikator, pendukung calon dan orang-orang di sekitar lokasi verifikasi faktual.

Hadapi Verifikasi Faktual, Paket AYO Siapkan 12 Ribu Lebih Syarat Dukungan Cadangan

"Tidak melakukan kontak langsung dengan petugas verifikator, sikap hormat bersalaman diganti dengan siku atau menundukan badan dengan tangan di dada," katanya.

Dikatakan, Bawaslu juga harus memberi arahan dan saran kepada petugas agar turut melakukan pencegahan virus Corona / Covid-19, terutama saat melakukan vertual dengan jumlah yang masif.

"Usahakan memakai masker saat melakukan pengawasan terutama saat demam, batuk atau flu. Jadi kita minta perhatian petugas yang melakukan pengawasan di lapangan saat vertual agar menjaga kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah," ujarnya.

Untuk diketahui vertual syarat dukungan minimal bagi bapaslon perseorangan akan dimulai tanggal 26 Maret 2020 hingga 15 April 2020. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved