TMMD di TTS Fokus Buka Akses Jalan Menuju Obyek Wisata Baru

Menurut Bupati TTS, Egusem Piether Tahun, pemilihan Desa Panite , Kecamatan Kotolin sebagai tempat pelaksanaan TMMD bukan tanpa alasan

POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Wabup TTS, Jhony Army Konay sedang menyerahkan secara simbolis peralatan guna pelaksanaan TMMD di Desa Panite saat acara pembukaan TMMD, Senin (16/3/2020) di kantor Desa Panite 

POS-KUPANG.COM | SOE - Menurut Bupati TTS, Egusem Piether Tahun, pemilihan Desa Panite , Kecamatan Kotolin sebagai tempat pelaksanaan TMMD ke-107 bukan tanpa alasan. Pasalnya, Desa Panite memiliki dua obyek wisata alam yang sangat indah yaitu, air terjun dan air panas.

Namun hingga kini, akses jalan menuju dua obyek wisata tersebut belum tersedia. Oleh sebab itu, untuk membuka akses jalan ke dua obyek wisata tersebut secara cepat maka Pemda TTS sengaja memilih Desa Panite sebagai lokasi TMMD.

Perasaan Lega Pelajar SMK Negeri 1 Buyasuri Usai UNBK Hari Pertama

"Kita ingin kembangkan obyek wisata baru yang ada di Desa Panite, yaitu air terjun dan air panas. Air terjun yang ada di Panite memiliki dua pancuran. Sedangkan air panas yang berada di Desa Panite sangat unik karena tidak mengandung belerang dan suhunya berkisar 38 derajat Celcius. Dengan pembukaan akses jalan menuju dua obyek wisata tersebut, kita optimis kedepannya akan banyak pengunjung yang datang ke Desa Panite," ungkap Bupati Tahun kepada POS-KUPANG.COM, Senin (16/3/2020) usai acara pembukaan TMMD yang berlangsung di kantor desa Panite.

Dalam pelaksanaan TMMD yang akan berlangsung dari tanggal 16 Maret hingga 14 April mendatang, akan melibatkan 150 personil TNI dari angkatan darat, laut dan udara serta melibatkan anggota Polres TTS. Selain itu, kegiatan TMMD juga akan melibatkan masyarakat Desa Panite.

Dandim 1621 TTS yang juga menjabat

Dansatgas TMMD Ke-107, Letkol CZI Koerniawan Pramulyo mendukung pengembangan pariwisata di Desa Panite.

Isolasi Rumah Wajib Dijalani ASN Sikka yang Lakukan Perjalanan Dinas Luar NTT

Ia mengaku, sudah melihat langsung potensi wisata air terjun dan air panas yang berada di Desa Panite.

Ia optimistis jika ditata dengan baik dua obyek wisata tersebut akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke Kabupaten TTS khususnya Desa Panite.

"Obyek wisata air terjun dan air panasnya bagus sekali. Ada juga bukit batu yang sangat bagus. Jika ditata dengan baik ke depan obyek wisata tersebut akan menjadi daya tarik bagi pengunjung," ujarnya.

Jemi Benu, Kades Panite mengaku, sangat senang desa yang dipimpinnya bisa dipercaya sebagai lokasi pelaksanaan TMMD tahun ini.

Menurutnya, masyarakat sudah lama menanti pelaksaan TMMD di desa tersebut. Pasalnya, selama ini masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih karena letak sumber air jauh berada di dalam lembah.

Selain itu, masyarakat juga menanti pembukaan jalan menuju dua obyek wisata primadona di desa tersebut.

"Kakak, kami senang sekali tahun ini ada TMMD di desa kami. Kami yakin sekali kalau ada TMMD masalah air bersih dan akses jalan menuju obyek wisata air terjun dan pemandian air panas akan terselesaikan. Kami masyarakat Desa Panite mendukung dan siap berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan TMMD," tegasnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Hadir dalam acara syukuran pembukaan TMMD Ke-107, Dansatgas TMMD, Dandim 1621 TTS, Letkol CZI Koerniawan Pramulyo, Bupati TTS Egusem Piether Tahun, wakil Bupati TTS Jhony Army Konay, Kajari TTS Fachrizal, SH, wakil ketua DPRD TTS, Yusuf Soru dan pimpinan OPD lingkup Pemda TTS, camat Kotolin dan para kepala desa lingkup Kecamatan Kotolin. Secara simbolis, acara pembukaan TMMD ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Tahun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved