Bandara El Tari Kupang Siap Ruang Isolasi Bagi Suspek Covid-19

Pihak Bandara El Tari Kupang melalui KKP Kupang telah menyiapkan ruangan isolasi bagi suspek Covid-19

Bandara El Tari Kupang Siap Ruang Isolasi Bagi Suspek Covid-19
POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
Ruangan isolasi suspek covid-19 yang tersedia di Bandara El Tari Kupang 

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Pihak Bandara El Tari Kupang melalui KKP Kupang telah menyiapkan ruangan isolasi bagi suspek Covid-19. Ruangan tersebut terbagi menjadi dua bagian, yakni satu ruangan sebagai ruang wawancara, dan satu ruang lain yang lebih kecil sebagai ruang isolasi suspek. Dalam ruangan tersebut, tersedia satu buah kapsul isolasi atau isolation chamber dan dua buah hepa filter.

“Begitu ada suspek, dia masuk ke dalam kapsul itu. Namun, untuk mensterilkan udara di ruangan ini, digunakan hepa filter,” ujar dr. Fani Djubina selaku Dokter KKP yang bertugas di Bandara El Tari Kupang, Jumat (13/3/2020).

Pemkab Manggarai Jadi Salah Satu Kabupaten di NTT Jalin Kerjasama dengan LAN

Hepa filter adalah alat untuk menyaring udara di dalam ruang isolasi yang telah terkontaminasi oleh virus. Terdapat dua hepa filter yang diletakkan di masing-masing ruang tersebut. Sedangkan kapsul isolasi bertujuan agar suspek tidak terpapar dengan lingkungan di luar. Kapsul tersebut akan digunakan untuk membawa pasien yang dikarantina di ruang isolasi bandara ke rumah sakit rujukan.

Fani menjelaskan, ketika dilakukan wawancara di ruang isolasi, maka akan dilihat tabel lampiran orang dalam pengawasan dan orang dalam pemantauan. Ketika seseorang yang dalam pengawasan telah memenuhi 33 kriteria dari Kementerian Kesehatan, maka ia harus diisolasi dan masuk ke dalam kapsul isolasi. Kemudian, pihaknya akan menginformasikan ke rumah sakit rujukan. Ketika rumah sakit siap, maka suspek akan dibawa dalam kapsul isolasi tersebut menuju ke rumah sakit.

Enam Siswa Asal Sikka dari Jepang - Wagub NTT Minta Warga Sikka Jangan Panik

Terkait persiapan penanganan covid-19 di Bandara El Tari Kupang, Fani mengungkapkan bahwa tersedia satu dokter, enam perawat, dan enam sanitarian yang siap bekerja 24 jam di bandara tersebut. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved