Sering Alami Sakit Saat Musim Pancaroba, Patut Dicoba 5 Tips Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

berbagai masalah kesehatan bisa saja menerpa tubuh kita. Akibatnya, kita mudah terserang pilek, batuk, diare, ataupun flu.

Sering Alami Sakit Saat Musim Pancaroba, Patut Dicoba 5 Tips Untuk Tingkatkan Imun Tubuh
ist
ilustrasi sakti flu 

Sering Alami Sakit Saat Musim Pancaroba, Patut Dicoba 5 Tips Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

POS-KUPANG.COM--Sering Alami Sakit Saat Musim Pancaroba, Patut Dicoba 5 Tips Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Memasuki musim pancaroba, berbagai masalah kesehatan bisa saja menerpa tubuh kita. Akibatnya, kita mudah terserang pilek, batuk, diare, ataupun flu.

Mengapa perubahan cuaca sering diidentikan dengan penyakit? Hal ini disebabkan oleh sistem imun tubuh yang harus beradaptasi ketika menghadapi perubahan cuaca. Sayangnya, sistem imun akan melemah jika asupan makanan sehari-hari kurang terpenuhi.

Oleh karena itu, penting meningkatkan system imun di saat-saat seperti itu. Salah satu caranya dengan menerapkan pola makan dan hidup yang sehat. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba di rumah.

1. Berolahraga

Seperti yang kita tahu, berolahraga mampu menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat. Selain itu, berolahraga mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, lho. Olahraga ringan seperti stretching maupun sit-up dapat dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas, minimal tiga sampai empat kali dalam seminggu.

2. Kurangi stress

Stress berlebihan dan berkepanjangan akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon ini merupakan pengendali metabolisme sekaligus berfungsi untuk mengendalikan stress dalam tubuh. Tingginya kortisol dalam tubuh mengakibatkan imunitas tubuh menurun, hal ini ditandai dengan berkurangnya nafsu makan juga konsentrasi.

Melakukan liburan atau me time dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan penat, lakukan kegiatan yang disukai minimal seminggu sekali atau ketika weekend.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved