Kadis Yohanes Sebut Kehadiran Bumdes Sangat Membantu Masyarakat

Kadis PMD-PPPA Kabupaten Ngada, Yohanes C W Ngebu, menyebutkan, semua BUMDes di Kabupaten Ngada sangat bagus

Penulis: Gordi Donofan | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Kepala Dinas PMD-PPPA Ngada, Yohanes C. W. Ngebu 

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak ( PMD-PPPA ) Kabupaten Ngada, Yohanes C W Ngebu, menyebutkan, semua Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) di Kabupaten Ngada sangat bagus.

Kehadiran Bumdes sangat membantu masyarakat dibidang apa saja terutama dibidang perekonomian.

Yohanes menyatakan ada 95 Bumdes aktif di Ngada dan rata-rata bagus. Dan memang butuh dukungan dan pendampingan dari pihak terkait seperti Dinas PMD-PPPA.

Hari Ini Pembukaan Pendaftaran Calon Ketua Hiskiwira Kupang

"Ada Bumdes dan sangat efektif dan seperti Bumdes Batajawa di Jerebu'u. Mereka olah hasil, sewa tenda dan usaha kredit. Mereka beli hasil dan mereka jual. Pengolahan hasil, sewa tenda, cukup maju dan ada keuntungan, besar" ujar Yohanes, kepada POS-KUPANG.COM di Kota Bajawa, Senin (9/3/2020).

Yohanes mengatakan meskipun ada yang maju, tetapi ada kendala seperti SDM, peralatan serta sarana dan prasarana. Namun diupayakan agar tetap aktif mengolah Bumdes tersebut.

Kata Yohanes, dari aspek manajemen memang ada yang sudah bagus dan ada yang belum. Kedepan harus didorong agar manajemennya lebih bagus lagi.

Kapolres Manggarai Silaturahmi dengan Uskup Sipri di Istana Keuskupan, Ini yang Dibicarakan

"Sistem kita tata. Memang rata-rata bagus. Memang di manajemen ada yang pengalaman yang masih belum. Kita upayakan penguatan SDM untuk Bumdes. Manajemen harus diperkuat. Pengawasan ada bidang khusus dari Dinas," ujar Yohanes.

Yohanes menyebutkan hampir setiap kecamatan memiliki Bumdes dan itu hampir semua desa di Kabupaten Ngada memiliki Bumdes.

Yohanes menyebutkan di Kecamatan Aimere ada 8 Bumdes, Kecamatan Golewa 6 Bumdes, Kecamatan Soa ada 16 Bumdes, Kecamatan Riung ada 4 Bumdes, Kecamatan Jerebu'u ada 9 Bumdes, Kecamatan Riung Barat ada 8 Bumdes, Kecamatan Bajawa Utara ada 9 Bumdes, Kecamatan Wolomze ada 7 Bumdes, Kecamatan Golewa Selatan ada 11 Bumdes, Kecamatan Golewa Barat ada 9 Bumdes dan Kecamatan Inerie ada 5 Bumdes. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved