Museum Destinasi Pariwisata Cerdas

Museum adalah rumah peradaban merupakan destinasi pariwisata yang cerdas. Karena di museum kita melihat mengamati, menyaksikan dan membaca histori

Museum Destinasi Pariwisata Cerdas
Dr. Frans Sales, S.Pd, MM untuk POS-KUPANG.COM
Museum di Perth Australia 

POS-KUPANG.COM - Museum adalah rumah peradaban merupakan destinasi pariwisata yang cerdas. Karena di Museum kita melihat mengamati, menyaksikan dan membaca histori tentang artefak- artefak masa lampau, kini dan kedepan yang terpajang rapi dengan berbagai fitur / wujud bentuk, tata letak, dan pengaturan cahaya - cahaya lampu, lalu dinarasikan dengan baik sehingga terlihat sangat artistik dengan nilai keilmuan yang tinggi.

Selanjutnya ada faktor- faktor yang menyebabkan Museum sebagai destinasi pariwisata yang cerdas, diantaranya; setiap artefak- artefak yang di koleksi dan dipajang ada histori / cerita yang dinarasikan tentang apa, siapa, dimana, fungsinya dan kapan keberadaanya lalu dipajang, sehingga setiap publik yang berkunjung kemuseum ada peningkatan pengetahuan, pemahaman, skill dan perilaku dalam menghargai dan memberi apreasi terhadap setiap upaya keras dari budayawan, seniman, tokoh -tokoh budaya dan volentir museum dalam memperjuangkan tentang nilai- nilai budaya, media edukasi untuk publik seperti : siswa/i pelajar, mahasiswa, dan menjadi tourism tempat rekreasi yang menghibur dan menyenangkan bagi publik.

Terpilih Secara Aklamasi, Umbu Lili Pekuwali Kembali Jadi Ketua DPD Golkar Sumba Timur

Sehubungan dengan kondisi yang digambarkan terkait faktor - faktor pendukung diatas jika dikelola dengan baik, makan akan terjadi impect positif yang sangat tinggi yaitu terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang permuseuman, peningkatan keterampilan dalam mendesain fitur-fitur, bentuk, tata letak artefak, penataan lampu, di narasikan dengan baik maka akan memudahkan pengujung dalam mengenal tentang arti dan makna yang tersirat dalam wujut sebuah artefak.

Selanjutnya progres sikap menghargai dan memperlakukan terhadap nilai- nilai dasar dari artefak yang mengambarkan kondisi, situasi, peristiwa yang terjadi pada masa lampau, kini dan akan datang.

Petugas Dinas Peternakan Belu Berupaya Selamatkan Babi dari Virus Manular

Selanjutnya berkaitan dengan gambaran impect positif yang terjadi dan dialami, dirasakan oleh setiap kita akan betapa pentingnya perjalanan siarah sejarah hidup suatu bangsa harus di dokumentasikan secara baik dalam sebuah museum yang merupakan rumah peradaban yang menjadi bank data histori/cerita yang mencirikan charakter perilaku kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terkait dengan gambaran diatas, maka ada upaya- upaya strategis yang dapat dilakukan agar terjadi profesionalitas pengelolaan museum sebagai rumah peradaban yang mampu berkompetisi diera global saat ini, harus memiliki keunggulan dalam kemampuan melakukan breaktrogth atau inovasi- inovasi baru sesuai kebutuhan, harus melakukan riset agar ada temuan- temuan baru yang dikajia secara ilmiah, mengadung makna keilmuan, dan menggunakan pendekatan-pendekatan dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi. (Laporan Dr. Frans Sales, S.Pd, MM, Staf BPSDMD Provinsi NTT)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved