BBPP Kupang Hadirkan 90 Petugas dan Penyuluh Pertanian Ikuti Pelatihan Teknis

Balai Besar Pelatihan Peternakan ( BBPP) Kupang, menghadirkan 90 petugas atau penyuluh pertanian mengikuti pelatihan teknis

POS-KUPANG.COM/Dok BBPP Kupang
Kepala Bagian Umum BBPP Kupang, Muhammad Ukkas, S.Pi, M.Si. mewakili Kepala BBPP Kupang saat membuka kegiatan, Senin (17/2) 

POS-KUPANG.COM | NOELBAKI - Balai Besar Pelatihan Peternakan ( BBPP) Kupang, menghadirkan 90 petugas atau penyuluh pertanian mengikuti pelatihan teknis.

Adapun pelatihan teknis tersebut meliputi Pelatihan Teknis Manajemen Pengolahan Limbah, Pelatihan Teknis Formulasi Pakan, dan Pelatihan Teknis Ternak Kambing. Kegiatan berlangsung tanggal 17-23 Februari 2020.

Mengutip Rilis dari BBPP Kupang yang diterima Pos Kupang, Senin (17/2) disebutkan, pembukaan Kegiatan Pelatihan Teknis bagi Penyuluh/Petugas diawali dengan laporan dari ketua panitia penyelenggara Muhammad Awaluddin, S.Pi, M.Si.

FAKTA-FAKTA Janda Kaya Dibunuh, Ditemukan Tak Bernyawa di Dalam Kamarnya, Dibungkus Kasur Lipat

Dalam laporannya disampaikan bahwa sektor pertanian berperan penting dalam kemajuan ekonomi namun harus didukung oleh SDM pertanian yang berkompeten.

Oleh karena itu, diadakan pelatihan teknis ini untuk mewujudkan SDM pertanian yang mandiri, maju dan modern.

Ini Penjelasan Kabid Perdagangan NTT, Naiknya Harga Komiditi di Pasar

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Teknis bagi penyuluh/petugas dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang atau yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Umum Muhammad Ukkas, S.Pi, M.Si.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa program utama dari Kementrian Pertanian adalah Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang merupakan pusat kegiatan pembangunan tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Selain itu juga dijelaskan 5 program jangka pendek dari Kementrian Pertanian yang meliputi single data, percepatan pembangunan Kostratani, ketersediaan pangan, pembiayaan, dan sinergitas serta 3 program jangka panjang yang meliputi penyediaan layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR), program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) dan pembentukan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostra Tani).

"Oleh Karena itu BBPP Kupang sebagai UPT Pelatihan milik Kementan bertugas untuk meningkatkan kompetensi SDM, jika SDM nya bagus maka sektor pertanian dapat berjalan maju, mandiri dan modern". Ujar Muhammad Ukkas.

Muhammad Ukkas juga berharap agar peserta dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berdiskusi dan sharing dengan fasilitator guna meningkatkan produktivitas, kualitas dan daya saing dari penyuluh/petugas serta dapat bekerja dengan luar biasa dan membuat terobosan serta inovasi baru dalam bidang pertanian.

Sambutan dari Muhammad Ukkas selaku Kepala Bagian Umum BBPP Kupang sekaligus membuka secara resmi acara pelatihan teknis bagi penyuluh/petugas dan juga ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada 3 orang perwakilan peserta. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved