Tata cara berwudhu

Begini Tata Cara Berwudhu yang Benar Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Doa, Awas Jangan Sampai Salah!

Simak baik-baik tata cara berwudhu berikut ini. Awas jangan sampai salah, sholatmu bisa tidak sah.

Begini Tata Cara Berwudhu yang Benar Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Doa, Awas Jangan Sampai Salah!
 
POS-KUPANG.COM- Bagi Umat Muslim, kamu pasti sering berwudhu. Namun belum tentu wudhu yang kamu lakukan benar atau sesuai dengan sunnah Rasullullah SAW.

Karena itu, pahami secara benar tata cara berwudhu yang benar sesuai sunnah Rasulullah SAW.  Salah berwudhu, sholatmu bisa tidak sah karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat agar diterima Allah SWT.

Tata cara wudhu yang benar diamanatkan dalam Surat Al Maidah ayat 6 yang artinya:"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki."

Selain, hadist Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi juga menjelaskan pentingnya untuk berwudhu, di mana Rasulullah SAW bersabda yang artinya:"Allah tidak menerima shalat salah seorang di antara kamu sampai ia berwudhu."

Jadi, sudah jelas bahwa kita harus mengetahui tata cara berwudhu yang benar sesuai dengan sunnah. 

Berikut Tata Cara Wudhu yang benar sesuai Sunnah
 
1. Niat Wudhu

Tentunya sebelum berwudhu kamu diharuskan untuk berniat terlebih dahulu. Niat dalam berwudhu ini diartikan sebagai kesungguhan hati untuk berwudhu karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW.

Dalam HR Bukhari pun pernah menuliskan bahwa:"Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya..." (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

"Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa"

Artinya :

Halaman
1234
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved