Ketika Mahasiswa di Kota Kupang Tuntut Kebebasan Pers Dalam Momentum HPN 2020

memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada pers agar dapat meliput dan memberitakan kondisi objektif yang dialami masyarakat

POS KUPANG/GECIO VIANA
Suasana aksi Komrade di depan Pasar Kasih Naikoten, Kota Kupang, Senin (10/2/2020) siang. 

Ketika Mahasiswa di Kota Kupang Tuntut Kebebasan Pers Dalam Momentum HPN 2020

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), yang jatuh pada 9 Februari setiap tahunnya diperingati dengan berbagai cara di Indonesia.

Bagi sejumlah mahasiswa di Kota Kupang, HPN diperingati dengan menggelar mimbar bebas di depan Pasar Kasih, Naikoten, Kota Kupang, Senin (10/2/2020) sore.

Tergabung dalam Komite Aksi Mahasiswa untuk Demokrasi (Komrade), sejumlah mahasiswa ini mengangkat tema aksi 'Buka Ruang Demokrasi untuk Pers dan Kemerdekaan Berpendapat, Berkumpul, Berekspresi dan berserikat'.

Aksi masa ini terbilang unik, tidak seperti biasanya, para mahasiswa melakukan aksi tanpa mengenakan baju.

Tidak hanya itu, di tubuh mereka pun tertulis huruf berwarna hitam dan membentuk kata 'Lawan!'. Kata ini akan terlihat jelas saat mereka berbaris rapi.

Saling berganti, mereka melakukan orasi politik mengecam kriminalisasi dan represi yang dialami wartawan saat meliput peristiwa di berbagai tempat di Indonesia.

Seorang masa aksi dalam orasi menjelaskan, aksi tidak mengenakan baju merupakan bentuk simbolis bahwa kebebasan pers saat ini tengah 'ditelanjangi'.

"Di sini, kami melakukan aksi dengan membuka baju di depan masyarakat, bukannya kami tidak sopan atau tidak punya etika, akan tetapi ini cara kami membuka baju, ingin menunjukkan kepada masyarakat Kota Kupang bahwa hari ini wartawan atau jurnalis hari ini telah ditelanjangi oleh penguasa," katanya

"Ini menunjukkan bahwa independensi pers sedang ditelanjangi," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved