Virus Corona

Status Indonesia Bebas Virus Corona, Ini Kata WHO, SIMAK YUK

Status bebas virus corona yang disandang Indonesia malah menjadi perhatian dunia. Pasalnya, dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa, Indo

KOMPAS.com/AFP/STR/CHINA OUT
Petugas medis membawa seorang pasien yang diduga terinfeksi virus misterius mirip SARS, ke rumah sakit Jinyintan, di Kota Wuhan, China, Sabtu (18/1/2020). 

POS KUPANG.COM-- - Status bebas virus corona yang disandang Indonesia malah menjadi perhatian dunia. 

Pasalnya, dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa, Indonesia cukup rentan tertular virus ini. 

Sementara negara lain yang berpenduduk lebih kecil seperti Singapura justru telah mengumumkan status positif virus corona

Situasi ini justru membuat Indonesia disorot oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Mengutip The Sydney Morning Herald, pada Rabu (5/2/20), WHO menyebut Indonesia harus berbuat lebih banyak.

Iwan Natawidjaja menunjukkan artikel yang memuat profil Prof Huang Xiqiu, arsitek yang mendesain pembangunan RS khusus pasien virus corona di Wuhan, China.
Iwan Natawidjaja menunjukkan artikel yang memuat profil Prof Huang Xiqiu, arsitek yang mendesain pembangunan RS khusus pasien virus corona di Wuhan, China. (istimewa)

Hal itu karena kekhawatiran pada negara berpenduduk 270 juta ini yang belum melaporkan satupun kasus virus corona.

WHO menginginkan agar Indonesia meningkatkan kewaspadaan dan deteksi kasus dari persiapan di fasilitas kesehatan.

Dokter memeriksa kondisi bayi yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Anak Wuhan, China. Bayi itu positif terinfeksi setelah diperiksa 30 jam pasca-dilahirkan, di mana sang ibu juga menderita virus tersebut.
Dokter memeriksa kondisi bayi yang terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Anak Wuhan, China. Bayi itu positif terinfeksi setelah diperiksa 30 jam pasca-dilahirkan, di mana sang ibu juga menderita virus tersebut. (sky News)

Hal itu menyusul serangkain warga Australia yang tinggal di Bali telah didiagnosis menderita pneumonia, namun prosedur pengujian oleh otoritas kesehatan masih terbatas.

Perwakilan WHO di Indonesia, Dr Navaratnasamy Paranietharan, yang bekerja erat dengan Kementerian Kesehatan, mengatakan negara itu telah mengambil langkah konkret.

Termasuk penyaringan di perbatasan internasional dan menyiapkan rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani kasus-kasus potensial.

Ibu Pengidap Virus Corona Melahirkan, Ajaib sang Bayi Sehat dan Tidak Terpapar Virus Corona. Tim medis menunjukkan bayi yang dilahirkan pasien virus corona
Ibu Pengidap Virus Corona Melahirkan, Ajaib sang Bayi Sehat dan Tidak Terpapar Virus Corona. Tim medis menunjukkan bayi yang dilahirkan pasien virus corona (facebook/People's Daily)
Halaman
1234
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved