Penerimaan 17 Warga Timor Leste Perlu Dipertimbangkan

Namun pemulangan mereka akibat adanya wabah Virus Corona, maka sebaiknya Pemprov NTT mempertimbangkan kembali

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Emanuel Kolfidus 

Penerimaan 17 Warga Timor Leste Perlu Dipertimbangkan

POS-KUPANG.COM|KUPANG --"Kalau kedatangan warga Timor Leste dalam situasi normal, tidak masalah. Namun pemulangan mereka akibat adanya wabah Virus Corona, maka sebaiknya Pemprov NTT mempertimbangkan kembali," .

Hal ini disampaikan Anggota Komisi V DPRD NTT, Emanuel Kolfidus, Kamis (6/2/2020).

Menurut Emanuel, apabila pemulangan warga Timor Leste itu dalam kondisi normal,maka tidak masalah, tetapi jika pemulangannya itu berkaitan dengan wabah virus Corona atau Corona virus , maka perlu dipertimbangan lagi secara matang.

"Kenapa, karena saya pikir NTT belum memiliki kesiapan cukup untuk membebaskan diri dari kemungkinan penyebaran virus Corona. Patut dipertanyakan pula, mengapa mereka tidak langsung kembali ke Timor Leste tetapi harus transit dan karantina di Indonesia di lewat NTT," katanya.

Alalagi, lanjutnya di NTT saat ini masih bergumul dengan berbagai persoalan seperti penyakit DBD dan lainnya.

"Semoga rencana ini dipikirkan kembali, dan jika tidak siap betul, sebaiknya NTT tidak menjadi tempat transit ataupun karantina sementara. Dengan rendah hati kita harus menyampaikan permohonan maaf kepada Pemerintahan Timor Leste untuk soal ini," ujarnya.

Sekretaris Komisi V DPRD NTT, Yohanes Rumat mengatakan, pada prinsipnya, jika penerimaan ke-27 warga Timor Leste itu karena pertimbangan kemanusiaan, maka itu adalah hal yang fajar untuk menampung mereka di NTT.

Tahun 2019 Real Estate di NTT Tidak Bertumbuh

Perkuat Sinergitas Untuk Wisata Super Premium, BOPLBF Adakan Rakor Dengan Perangkat Daerah Mabar

Adriana Minta Pihak Kepolisian Tangkap Pelaku Pemerkosa Anaknya

"Tetapi dari sisi kebijakan atau keputusan Jakarta dalam hal ini presiden maka kita semua taat asas. Selain pertimbangan kemanusiaan dan keputusan Jakarta maka yang perlu dari kita sterilisasi ruangan dan kelengkapan peralatan yang menunjang antisipasi maupun pengobatan di tempat penampungan," kata Yohanes.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved