News

400 Mahasiswa Prodi Keperawatan 'Serbu' Rumah Warga Sumba Timur, Simak Apa yang Mereka Lakukan

Mahasiswa Politeknik Negeri Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kupang Prodi Keperawatan Waingapu mengidentifikasi jentik nyamuk

400 Mahasiswa Prodi Keperawatan 'Serbu' Rumah Warga Sumba Timur, Simak Apa yang Mereka Lakukan
Net
Nyamuk 

 Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Robert Ropo

POS KUPANG, COM, WAINGAPU - Mencegah meluasnya serangan penyakit demam berdarah dangue (DBD) di Sumba Timur, khususnya di Kota Waingapu dan Kanatang, mahasiswa Politeknik Negeri Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kupang Prodi Keperawatan Waingapu mengidentifikasi jentik nyamuk di rumah-rumah warga, Selasa (28/1).

Mahasiswa juga memberikan penyuluhan tentang pencegahan DBD melalui 3 M Plus dan membagikan abate kepada warga.
Ketua Prodi Keperawatan Waingapu, Maria Kareri Hara, S.Kep, Ns, M.Kes, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan adalah bagian dari pengabdian masyarakat sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Diakui Maria, kegiatan pengabdian masyarakat itu bekerja sama dengan Pemda Sumba Timur dalam hal ini dinas kesehatan dan sejumlah kelurahan. Tujuannya membantu masyarakat mencegah DBD.

Maria merasa senang melaksanakan kegiatan tersebut dengan harapan bisa bermanfaat untuk masyarakat Sumba Timur. "Ini kegiatan pertama di tahun 2020. Kami akan membuatkan jadwal dan akan dilaksanakan secara periodik ke depan. Kami berharap masyarakat Sumba Timur mengantisipasi DBD ini agar tidak meluas," terang Maria.

Pejabat Kemahasiswaan Prodi Keperawatan Waingapu, Domianus Namuwali, S.Kep, Ns, M.Kep, menambahkan, Prodi Keperawatan Waingapu melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melibatkan para dosen dan 400 lebih mahasiswa.

Kegiatan fokus pada penyuluhan mencegah DBD dengan 3 M Plus, pembagian abate dan survei jentik nyamuk di rumah warga.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, diakui Domi, fokus di rumah-rumah warga Kelurahan Temu di wilayah kerja Puskesmas Kanatang dan Kelurahan Kamalaputi dan Hambala di wilayah kerja Puskesmas Waingapu.

"Kegiatan ini melibatkan Puskesmas Waingapu dan Puskesmas Kanatang," ujarnya.

Lurah Temu, Umbu Tehu, berterima kasih kepada para mahsiswa dan dosen Prodi Keperawatan Waingapu yang turun langsung melakukan sosialisasi dan membagikan abate kepada warganya.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved