Diskusi Kitab Suci Jelang Hari Minggu Sabda Allah

Oleh Paus Fransiskus, minggu ke tiga masa biasa dalam penanggalan liturgi Gereja Katolik, ditetapkan sebagai Minggu Sabda Allah

Diskusi Kitab Suci Jelang Hari Minggu Sabda Allah
ISTIMEWA
Suasana diskusi Kitab Suci bersama umat dan OMK dalam KUB St. Lukas Stasi Hati Kudus Yesus Bimoku, Paroki St. Yosef Pekerja Penfui, Kamis (23/1/2020) pukul 17.00 WITA. 

POS-KUPANG.COM - Oleh Paus Fransiskus, minggu ke tiga masa biasa dalam penanggalan liturgi Gereja Katolik, ditetapkan sebagai Minggu Sabda Allah dengan surat apostolik "Aperuit Illis".

Seruan Bapa Paus Fransiskus ini diharapkan mampu menggerakan umat Katolik untuk lebih mencintai Kitab Suci dengan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kitab suci.

Ada 3 (tiga) kegiatan utama yang dilakukan yakni perayaan Minggu Sabda Allah, pendalaman Kitab Suci dan Penyebaran Kitab Suci.

Kepala BPBD Sumba Barat Imbau Masyarakat Pesisir Pantai Waspada Bencana Alam

Menanggapi seruan Bapa Paus ini, Keuskupan Agung Kupang ( KAK) melalui Komisi Kitab Suci Keuskupan, mengkonkritkan ketiga kegiatan di atas dalam berbagai kegiatan seputar kitab suci atau Sabda Allah, di antaranya adalah Diskusi Kitab Suci, Pendalaman Kitab Suci, Sharing dan Talk Show Kitab Suci bersama umat dan kelompok kategorial lainnya dalam paroki-paroki dalam lingkup Keuskupan Agung Kupang (KAK).

Suasana saat membuka diskusi
Suasana saat membuka diskusi (ISTIMEWA)

Ketua Komisi Kitab Suci KAK, RD. Sipri Senda, bekerjasama dengan kelompok relawan Kitab Suci KAK dan Dosen serta beberapa mahasiswi Sekolah Tinggi Pastoral (Stipas) KAK, terlibat aktif untuk kegiatan tersebut.

Kamis, 23 Januari 2020, jam 17.00 WITA, bertempat di Kelompok Umat Basis (KUB) St. Lukas Stasi Hati Kudus Yesus Bimoku, Paroki St. Yosef Pekerja Penfui, Komisi Kitab Suci bersama tim menggelar Diskusi Kitab Suci bersama umat dan Orang Muda Katolik (OMK) dalam KUB tersebut.

Pilkada Sumba Timur, Panwascam Pahunga Lodu Edarkan Surat Imbauan Netralitas ASN

Diskusi berjalan santai dan diikuti oleh kurang lebih 30 peserta. Edy Mane Dalopes, selaku ketua KUB membuka pertemuan dengan menyatakan kegembiraannya akan momen diskusi seperti itu.

"Sebagai ketua KUB St. Lukas, saya merasa sangat bersyukur dengan adanya kegiatan diskusi ini. Saya senang sekali kita bisa berkumpul untuk kegiatan diskusi sore ini. Kegiatan semacam ini adalah `langka' bagi kami sebagai umat, karena dalam kehidupan bersama di masyarakat kami selalu dihadapkan pada pertanyaa-pertanyaan seputar Kitab Suci tetapi kami tidak bisa jawab dengan baik karena pengetahuan tentang kitab suci kurang", ungkap Edy yang baru dilantik sebagai ketua KUB beberapa waktu lalu.

Edy menambahkan "kegiatan diskusi seperti ini menjadi penyemangat bagi kami dan selaku ketua KUB saya akan merancangnya menjadi kegiatan rutin bagi KUB kami".

Dalam diskusi yang lebih banyak didominasi oleh pertanyaan-pertanyaan umat seputar kitab suci, RD.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved