PLN Amankan Pasokan Listrik di Labuan Bajo

PLN mengamankan pasokan listrik di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dilakukan dalam kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo

PLN Amankan Pasokan Listrik di Labuan Bajo
POS KUPANG/ISTIMEWA
PLN UIW NTT amankam pasokan listrik ketika R1 kunjungi Labuan Bajo, Senin (20/1/2020). 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO -Perusahaan  Listrik Negara (PLN) mengamankan pasokan listrik di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). Ketersediaan listrik tersebut dilakukan pasca kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo, untuk ketiga kalinya sejak tahun 2019.

Kota Labuan Bajo menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas /kawasan wisata super premium di tahun 2020.

Presiden Joko Widodo dalam rangka meninjau pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo, kawasan Puncak Waringin, serta meresmikan sarana pendukung pariwisata, Senin-Selasa (20-21/1).

PLN telah mengamankan suplai listrik di titik-titik lokasi penting antara lain di Bandara Komodo, Hotel Ayana, Hotel Inaya Bay Komodo, Atlantis Komodo Resort, Plataran Komodo, Kantor Bupati, Rencana Pelabuhan Multifungsi -Waeklambu, dan Puncak Waringin.

Akibat Cuaca yang Ekstrim Produksi Petani Bisa Turun 60 Persen

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, Ignatius Rendroyoko, melalui Plt Manager Komunikasi PLN UIE NTT, Margaretha Yupukoni, Selasa (21/1), mengatakan, Labuan Bajo sudah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi kawasan wisata super prioritas/ premium.

Artinya, PLN harus siap mengamankan pasokan listrik cukup, handal, dan berkualitas dalam perkembangannya karena akan menjadi penyangga pertumbuhan perekonomian di kawasan itu.
Yupukoni mengatakan, dengan tambahan sebagai salah satu destinasi Bali Baru seperti di Labuan Bajo,

PLN harus bisa membangun infrastruktur kelistrikan dengan kapasitas dan kontinuitas yang prima dan mengoperasikan layanan ketenagalistrikan yang ekselen di Kawasan Super Premium.

Dalam tiga hari ini, katanya, PLN sudah berhasil mengamankan pasokan listrik di Lokasi Bandara Komodo dengan supply utama Penyulang bandara sebesar 865 kVA, cadangan Penyulang Sylvia dan Genset 650 kVa, kedua, Hotel Ayana dengan suplay utama Penyulang Sylvia daya 1,11 MVA.

Cadangan penyulang bandara dan Genset 700 kVa, ketiga Hotel Inaya Bay Komodo dengan supply utama Penyulang Marina (555KVA) cadangan penyulang kampung ujung dan Genset 1.500 kVa.

keempat Atlantis Komodo Resort dengan supply utama 105 KVA, cadangan Penyulang Nanganae dan Genset 100 kVa, kelima Plataran Komodo dengan supply utama Penyulang Sylvia daya 197 KVA, cadangan Penyulang Kampung Ujung, Mobile UPS 100 kW dan Genset 200 kVA.

Keenam Kantor Bupati dengan supply utama penyulang Bupati daya 105 kVA, cadangan Penyulang Bandara dan Genset 250 kVA.

Ketujuh Pelabuhan Waeklambu dengan supply utama Genset 100 kVA dan kedelapan Puncak Waringin dengan Genset 3500VA.

Selama kunjungan, katanya, PLN mendukung pasokan listrik tetap andal untuk mengawal suksesnya acara kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo.

Diketahui Sistem Kelistrikan Manggarai dipasok oleh beberapa pembangkit yaitu PLTMG Rangko dan PLTP Ulumbu melalui jaringan transmisi 70 kV. Selain kedua pembangkit ini, masih ada mesin diesel PLN yang dapat memberikan backup apabila terjadi gangguan pasokan tenaga listrik dari PLTMG Rangko dan PLTP Ulumbu. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved