Waspada! Hujan Lebat dan Angin Kencang di NTT 12-15 Januari 2020

Badan Metereologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Metereologi El Tari Kupang merilis adanya potensi hujan lebat dan angin kencang

Waspada! Hujan Lebat dan Angin Kencang di NTT 12-15 Januari 2020
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S. Si, Karo Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Marius Jelamu dan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim, Ota Thalo saat jumpa pers di Media Center Kantor Gubernur NTT, Senin (6/1/2020) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Badan Metereologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Metereologi El Tari Kupang merilis adanya potensi hujan lebat dan angin kencang hampir di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (  NTT) dalam empat hari ke depan, 12 hingga 15 Januari 2020.

Kepala Stasiun Metereologi El Tari, Agung Sudiono Abadi kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (12/1/2020) menjelaskan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada tanggal 12 Jauari 2020 pukul 10.00 Wita, teridentifikasi Siklon Tropis Claudia kategori dua di Samudra Hindia sebelah Selatan NTT.

BMKG Prediksi Kecepatan Angin Hari Ini Sampai 39 Km/Jam di Kota Waingapu dan Sekitarnya

Dinamika atmosfer tersebut, kata dia, pada koordinat 14.0LS, 123.6BT (364 km tengggara Stasiun Meteorologi DC Saudale Rote) dan diprakrakan akan semakin kuat (menjadi kategori 3) dan menyebabkan terjadi pertemwan angin (konvergensi) serta belokkan angin di atas wilayah NTT.

Menurutnya, anomali suhu muka laut di wilayah Samudra Hmdia selatan Nusa Tenggara berkisar -0.5 C hingga +1.75 C yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan angin kencang.

Saluran Irigasi Buntal di Elar Manggarai Timur Tertimbun Tanah Longsor

"Kondisi ini dapat berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mencapai> 30 km/jam di hampir seluruh
wilayah NTT," ungkapnya.

Dia katakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut terutama di wilayah Kabupaten Sabu, Rote
Ndao, Kota Kupang, Kab. Kupang. TTS, TTU, Behu, Malaka, Lembata, Nagekeo, Alor, sebagian Flores Timmr, serta Sumba Timur.

Lanjutnya, masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditmbulkan seperti banjr, tanah longso, banjr bandang, genangan, pohon tumbang, sambaranpetir, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, Stasaun Meteorologi ElTari Kupang membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat menghubungi ke :Telp. (0380)S81613; Whatsapp: 081139404264.

Email: met kipang@yahoo.com
Unduh aplikasi mobile apps Info BMKG di appstore dan playstore, follow @infobmkg. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved