Angin Kencang Melanda NTT

Wagub NTT Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Terkait angin kencang melanda NTT, Wagub NTT minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Wagub NTT Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem
POS KUPANG/EUGINIUS MOA
Wakil Gubernur NTT, Drs.Yoseph Nae Soi, menyampaikan orasi ilmiah dalam wisuda sarjana dan diploma III angkatan ke-11, Senin (2/9/2019) di Aula Nawacita, Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Pulau Flores. 

Terkait angin kencang melanda NTT, Wagub NTT minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef A Nae Soi meminta masyarakat NTT mewaspadai cuaca ekstrem dan yang sangat tidak bersahabat saat ini, terutama angin kencang, gelombang laut, longsor dan banjir.

Wagub Josef menyampaikan hal ini kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (5/1/2020). Menurut Josef, warga yang hendak bepergian agar melihat kondisi cuaca, terutama gelombang laut. Termasuk para nelayan agar benar-bemar mengikuti petunjuk dari BMKG.

Hujan Disertai Angin Kencang Robohkan Rumah Warga di Lembata

"Kalau ombaknya besar atau tinggi,jangan paksakan melaut. Pihak syahbandar atau KSOP saya minta tegas dalam memberikan izin berlayar," kata Josef.

Dia mengingatkan agar semua pihak mengikuti informasi atau ramalan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG.

Apalagi, lanjutnya,saat ini BMKG telah memberi warning mengenai cuaca ekstrem yang akan terjadi satu atau dua hari kedepan, berupa hujan dan angin.

8 Rumah Warga di Reok Manggarai Porakporanda Disapu Angin Kencang

"Perlu ada kewaspadaan, jika hujan turun dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama,maka potensi banjir dan longsor bisa terjadi. Begitu juga angin kencang, maka yabg diwaspadai adalah tumbangnya pohon atau dahan, bahkan robihnya bangunan. Mari kita semua waspadai ini," katanya.

Sedangkan khusus epada operator dan juga KSOP agar mengindahkan informasi BMKG soal cuaca di laut.

BMKG juga diminta memberi informasi dan peringatan dini secara benar kepada masyarakat agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi tentang "BMKG harus beri informasi yang akurat dan benar soal cuaca.

Dia juga mengakui, ketika cuaca ekstrem seperti sekarang, maka semua posko siaga bencana terus diaktifkan 1 x 24 jam.

"Kita juga imbau agar masyarakat di musim hujan ini tidak buang sampah di sembarangan tempat. Perhatikan juga selokan atau got yang ada di pemukiman sehingga tidak tertimbun oleh material atau sampah," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved