Polisi di Polres Belu Amankan Pelaku Penyelundupan Handphone, Begini Modusnya

warga negara China berinisial FH yang diduga menyelundupkan barang impor berupa ratusan handphone

Polisi di Polres Belu Amankan Pelaku Penyelundupan Handphone, Begini Modusnya
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Ratusan Handphone yang diduga diselundupkan ke Indonesia saat diamankan di Bandara A.A Bere Tallo, Selasa (31/12/2019). 

Polisi di Polres Belu Amankan Pelaku Penyelundupan Handphone, Begini Modusnya

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA--Penyidik Polres Belu telah mengamankan seorang warga negara China berinisial FH yang diduga menyelundupkan barang impor berupa ratusan handphone dan barang elektronik lainnya.

Dari hasil penyelidikan, polisi mendapatkan keterangan terkait modus operandi yang dilakukan pelaku FH.

Kapolres Belu AKBP Cliffry Steiny Lapian SIK melalui Kasat Reskrim Polres Belu, AKP Sepuh Ade Irsyam Siregar kepada Pos Kupang menjelaskan, pelaku mendapatkan order job untuk mengambil barang dari seseorang yang dikenal melalui aplikasi chat QQ bernama Mr. Chang.

Setelah menyanggupi pekerjaan tersebut, pemesan memandu pelaku untuk berangkat ke Bangkok, Thailand tanggal 28 Desember 2018. Setibanya di hotel di Bangkok, pelaku dihubungi oleh pemesan bahwa barang yang akan dibawa sudah dititipkan di lobi hotel untuk diambil oleh pelaku.

Tanggal 29 Desember 2019, pelaku berangkat kembali ke Dili transit di Bali. Tiba di Dili tanggal 30 Desember 2019.

Selanjutnya, pemesan atasnama Mr. Chang kembali memandu pelaku untuk berangkat ke Indonesia melalui Atambua dengan membawa barang tersebut.

Setibanya di Mota'ain, pelaku melewati pos imigrasi dan berangkat menggunakan ojek ke Bandara A.A Bere Tallo Atambua.

Sedangkan barang dibawa menggunakan mobil rental yang dikendarai Ameu melalui jalur tidak resmi (jalan tikus) sampai ke Bandara A.A Bere Tallo Atambua.

Sesampai di bandara, saat pelaku sedang check in, barang melewati mesin X-Ray menyebabkan alarm berbunyi dan setelah dilakukan pengecekan ditemukan barang bukti ratusan handphone.

Saat dicek, ditemukan ratusan handphone berbagai tipe, USB charger dan transmitter Wifi yang dikemas dalam koper. Atas temuan tersebut, FH dibawa ke Kantor Polres Belu untuk dilakukan pengambilan keterangan.

Siregar mengatakan, sampai saat ini, polisi belum menetapkan pelaku FH sebagai tersangka karena masih mendalami proses penyelidikan.

Untuk diketahui, polisi mengamankan pelaku FH di Bandara A.A Bere Tallo, Selasa (31/12/2019) pukul 13.00 Wita saat hendak berangkat ke Kupang. FH diketahui membawa barang eletronik saat dilakukan pemeriksaan barang menggunakan X-Ray di Bandara A.A Bere Tallo.

Tahun Baru 2020, Warga Kota Kupang Buat Pesta Akhir Tahun di Pinggir Jalan

Polres Belu Amankan Warga China yang Diduga Menyelundupkan Ratusan Handphone

Ini Tanggapan Polres Lembata Perihal Kejadian Ibu Melahirkan di Kantor Polsubsektor Ile ApeLaporan

Saat dicek, ditemukan ratusan handphone berbagai tipe, USB charger dan transmitter Wifi yang dikemas dalam koper. Atas temuan tersebut, FH dibawa ke Kantor Polres Belu untuk dilakukan pengambilan keterangan. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved