Prodi Arsitektur Unwira Gelar Seminar Nasional Vista 1

Sementara itu, bagi dunia profesi arsitek dan para arsitektur, dapat menjadi masukan dan inspirasi dalam desain.

Prodi Arsitektur Unwira Gelar Seminar Nasional Vista 1
POS KUPANG/GECIO VIANA
Suasana pembukaan seminar nasional Vista 1 di Aula Kampus II Unwira Jln San Juan Penfui, Kota Kupang, Senin (9/12/2019). 

Prodi Arsitektur Unwira Gelar Seminar Nasional Vista 1

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar seminar nasional Vista 1, Senin (9/12/2019).

Seminar bertajuk 'Eksistensi Arsitektur Vernakular' ini dilaksanakan di Aula Kampus II Unwira Jln San Juan Penfui, Kota Kupang.

Terlihat para pemateri, mahasiswa dan tamu undangan sudah berada di tempat kegiatan untuk mengikuti ceremonial pembukaan kegiatan.

Untuk diketahui, seminar nasional ini merupakan bagian dari kepedulian Prodi Arsitektur terhadap berbagai isu terkait sustainability terutama terkait arsitektur dan berbagai hal yang berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan disiplin ilmu arsitektur, lebih khusus terkait lokalitas dalam hal ini arsitektur vernakular.

Kegiatan ini dikemas dalam rangkaian sepuluh tahunan dengan topik berbeda, namun masih dalam satu frame besar yang tertuang dalam akronim Vista (vernakular, inovasi, sustainable, transformasi, architcture).

Mengangkat tajuk 'Eksistensi Arsitektur Vernakular', Topik ini dinilai menjadi menarik karena sering menjadi acuan desain arsitektur yang berkembang sejalan atau mengikuti era postmodern, ketika identitas arsitektur menjadi kebutuhan dan kejenuhan terhadap arsitektur modern dialami.

Sejauh mana arsitektur vernakular dalam segala keunggulan maupun leterbatasannya mampu memberikan suatu pilihan lain terkait desain arsitektur di masa kini dan akan datang.

Kajian teoritis baik arsitektur maupun antropologis didukung oleh pengalaman meneliti arsitektur vernakular NTT dan kombinasi praktisi arsitek dalam panfangan dam ulasannya akan membuka cakrawala berpikir tentang arsitektur vernakular dan eksistensinya.

Hadir sebagai nara sumber, Prof. T. Yoyok W. Subroto (akademisi), Gegorius Yori Antar Awal (praktisi), P. Dr. Pilipus Tule SVD (antropolog) dan Ir. Pilipus Jeraman, MT (peneliti) akan membuka cakrawala tentang eksistensi arsitektur vernakular.

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved