Hari Bakti PU ke-74: Tahun 2020 Labuan Bajo Masuk Lima Destinasi Prioritas Pembangunan Infrastruktur

Pemerintah pusat di tahun 2020 menetapkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT sebagai salah satu dari lima kawasan atau destinasi pariwisata

Hari Bakti PU ke-74: Tahun 2020 Labuan Bajo Masuk Lima Destinasi Prioritas Pembangunan Infrastruktur
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
LEPAS BALON - Sekda NTT, Ir Ben Polo Maing didampingi Kadis PUPR NTT, Ir. Maksi Nenabu,M.T ,Anggota DPRD NTT, Ana Waha Kolin,S.H dan Sekretaris Dinas PUPR , Rosye M. Hedwine ,S.T. M.Si melepas balon saat apel Hari Bakti PU ke-74 di Alun-alun Rujab Gubernur NTT, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Pemerintah pusat di tahun 2020 menetapkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT sebagai salah satu dari lima kawasan atau destinasi pariwisata prioritas untuk pembangunan infrastruktur.

Hal ini disampaikan Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda NTT, Ir. Ben Polo Maing pada apel Hari Bakti PU ke-74 tingkat Provinsi NTT di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Selasa (3/12/2019).

Menurut Jokowi,pembangunan infrastruktur lima destinasi prioritas di tahun 2020, yakni Destinasi Wisata Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT dan Manado Likupang di Sulawesi Utara.

Dijelaskan, seluruh agenda pembangunan itu harus berdampak pada kenaikan kelas UMKM , pengembangan pariwisata dan penciptaan lapangan kerja.

Pembangunan dengan penggunaan teknologi saat ini sangat penting, termasuk dalam bidang pekerjaan, termasuk pembangunan infrastrukutur.

'Saya minta pembangunan infrastruktur kita harus didukung oleh teknologi dan hasil riset yang aplikatif sehingga akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas," katanya.

Dikatakan, meskipun teknologi mutlak digunakan dalam pembangunan infrastruktur, tetapi seyogyanya penggunaan teknologi juga dapat membuka lapangan pekerjaan, mulai dari proses peresncanaan sampai pada tahap pemanfaatan infrastruktur tersebut.

Dikatakan, selama lima tahun pemerintah akan melanjutkan pembangunan 60 bendungan,
1000 embung, 500.000 hektar jaringan irigasi baru, 2.500 km jalan tol dan 60.000 km jalan baru.
Bahkan, ada juga program sejuta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Jokowi juga dalam sambutan tertulis mengatakan, pemerintah akan melakukan pemindahan Ibu kota negara ke Kalimantan Timur dengan konsep smart metropolis.

Kadis PUPR NTT, Ir. Maksi Nenabu,M.T mengatakan, dari 60 bendungan itu, NTT juga akan mendapat jatah,namun rencana dan program dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) NTT II.
"Teman-teman di BWS sedang mempersiapkannya. Sudah ada rencana lokasi yang miliki potensi untuk dibangun bendungan," kata Maksi.

Dijelaskan, bendugan di NTT direncanakan selain di Timor, ada juga di Sumba dan Flores.
Ditanyai soal rencana pembangunan bendungan di NTT, terutama Bendungan Kolhua dan Manikin , ia mengatakan, untuk Manikin ,prosesnya sementara berjalan, sedangkan Bendungan Kolhua, masih ada persoalan yang harus dituntaskan. *)

LEPAS BALON - Sekda NTT, Ir
Ben Polo Maing didampingi Kadis PUPR NTT, Ir. Maksi Nenabu,M.T ,Anggota DPRD NTT, Ana Waha Kolin,S.H dan Sekretaris Dinas PUPR , Rosye M. Hedwine ,S.T. M.Si melepas balon saat apel Hari Bakti PU ke-74 di Alun-alun Rujab Gubernur NTT, Selasa (3/12/2019).
LEPAS BALON - Sekda NTT, Ir Ben Polo Maing didampingi Kadis PUPR NTT, Ir. Maksi Nenabu,M.T ,Anggota DPRD NTT, Ana Waha Kolin,S.H dan Sekretaris Dinas PUPR , Rosye M. Hedwine ,S.T. M.Si melepas balon saat apel Hari Bakti PU ke-74 di Alun-alun Rujab Gubernur NTT, Selasa (3/12/2019). (POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru)
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved