Di Nagekeo Siswa SMA Negeri I Mauponggo Gunakan HP Kerjakan Soal Ujian Semester, Berikut Liputannya!

Sekolah Menengah Atas Negeri I (SMAN I) Mauponggo di Kabupaten Nagekeo melaksanan ujian semester 2019/2020.

Di Nagekeo Siswa SMA Negeri I Mauponggo Gunakan HP Kerjakan Soal Ujian Semester, Berikut Liputannya!
: Pos-Kupang.Com/Gordi Donofan
Siswa-siswi SMA Negeri I Mauponggo di Kabupaten Nagekeo saat ikut ujian semester menggunakan Hand Phone Android, Rabu (27/11/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sekolah Menengah Atas Negeri I (SMAN I) Mauponggo di Kabupaten Nagekeo melaksanan ujian semester 2019/2020.

Kali ini SMAN 1 Mauponggo menggelar ujian sekolah dengan sistem Computer Based Test (CBT) menggunakan komputer dan sistem Android Based Test menggunakan Hand Phone (HP) Android.

Ada siswa yang ikut ujian menggunakan Hand Phone (HP) Android dan ada siswa lainnya menggunakan komputer.

Pelaksanaan ujian sekolah semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di SMAN I Mauponggo dimulai, Rabu (27/11/2019) hingga Rabu (11/12/2018).

Wakasek SMAN I Mauponggo, Kanisius Bhoko, S.Pd, kepada POS-KUPANG.COM menjelaskan pelakasana ujian dengan sistem CBT merupakan terobosan baru pada semester ini, untuk efisiensi biaya dan meminimalisir terjadinya kecurangan, juga memudahkan guru dalam menganalisis butir soal.

Kanisius menjelaskan pelaksanaa ujian kali ini berbeda dengan ujian-ujian sebelumnya. Kali ini SMAN 1 Mauponggo menerapkan salah satu teknologi yang sudah tidak asing lagi didunia pendidikan yakni teknologi CBT.

"Para guru tidak perlu lagi memeriksa hasil pekerjaan siswa. Ada 369 siswa yang mengikuti ujian semester kali ini, menggunakan 3 ruangan dan di bagi dalam 6 sesi. Ada 46 komputer milik sekolah dan 125 Hand Phone Android milik siswa yang kita gunakan dalam ujian ini," ujar Kanisius.

Kanisius menjelaskan secara teknis, ujian berbasis komputer dan android tak memiliki perbedaan mencolok dengan ujian konvesional lainnya.

Namun, yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja. Dalam pengerjaan soal siswa cukup memiliki username dan password untuk masuk kedalam sistem dan siap mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar.

Kanisius menjelaskan hasil ujiannya pun bisa langsung di lihat peserta ujian. Model ujian seperti ini lebih hemat dan efesien.

"Tidak lagi memerlukan kertas, pensil dan memudahkan guru karena tidak perlu mengoreksi lembaran jawaban siswa. Hal ini sebagai jawaban atas pendidikan milenial abad 21 atau revolusi industri 4.0," jelas Kanisius.

Siswa SMAN I Mauponggo, Putri Pati, mengaku bangga dan senang bisa mengikuti ujian semester dengan menggunakan komputer.

Bagi Putri, sistem CBT sangat membantu siswa dan tidak merepotkan siswa membawa peralatan alat tulis ke sekolah.

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved