SDK Wolowajo di Nagekeo Butuh Buku dan Perpustakaan

SDK Wolowajo di Desa Tendatoto Kecamatan Wolowae Kabupaten Nagekeo membutuhkan buku dan ruangan Perpustakaan yang layak

SDK Wolowajo di Nagekeo Butuh Buku dan Perpustakaan
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Kepala SDK Wolowajo, Benyamin Daki, S.P 

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sekolah Dasar Katolik atau SDK Wolowajo di Desa Tendatoto Kecamatan Wolowae Kabupaten Nagekeo membutuhkan buku dan ruangan Perpustakaan yang layak.

Kepala SDK Wolowajo, Benyamin Daki, mengatakan, pihaknya sangat kekurangan dari segi fasilitas. Semuanya jauh dari harapan dan butuh perhatian serius.

"Sekolah ini tidak memenuhi SPM. SDK Wolowajo didirikan 1939 dan dibangun 1983. Sekolah ini membutuhkan perhatian dari pemerintah," ungkap Benyamin di Mbay, Selasa (12/11/2019).

Kunjungi Redaksi Pos Kupang, Siswa SMKN 1 Kupang Belajar Jurnalistik Hingga Strategi Perusahaan

Benyamin mengatakan selain itu, buku dan alat penunjang lainnya serba kesulitan dan hampir banyak keterbatasan.

Benyamin menjelaskan sudah saatnya direnovasi karena tidak memenuhi standar. Jika tidak diperhatikan akan mempengaruhi penilaian dari tim asesor.

Benyamin mengaku jumlah murid setiap tahun menurun karena mungkin mereka melihat kondisi sekolah yang tidak memenuhi standar.

Gubernur NTT Apresiasi Kegiatan Bakohumas untuk Literasi di NTT

"Jumlah murid menurun tahun 2019 hanya 84 siswa. Jumlah guru ada 10 orang. 4 orang PNS termasuk kepala sekolah, 6 honor dan satu orang sudah masuk Bosda," ujarnya.

Ia mengatakan kelas 1 dan 2 kursi dan meja disumbang oleh orangtua siswa. Sedangkan di kelas IV satu bangku dan satu meja digunakan untuk tiga orang.

Ia menyebutkan untuk gaji guru honorer dibebankan kepada orangtua siswa berupa uang komite.

Ia meminta bantuan, Yapersukna, pemerintah daerah, alumni memperhatikan kondisi SDK Wolowajo. Apalagi alumni SDK Wolowajo sudah menjadi orang sukses semua.

"Saya juga alumni disini. Saya juga tidak bisa kerja sendiri. Butuh bantuan dari pihak lain. Termasuk alumni dari SDK Wolowajo. Pak almarhum Lorens Tato, pak Daniel Daki Dae juga alumni dari sekolah ini dan masih banyak alumni yang sukses dari disini," jelasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved