Meriahkan HKN Manajemen RSUD Bajawa Gelar Aneka

Sementara itu, Direktur RSUD Bajawa, drg. Maria Wea Betu, mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

Meriahkan HKN Manajemen RSUD Bajawa Gelar Aneka
POS KUPANG/ISTIMEWA
Suasana lomba dance kaka Enda sosialisasi mencuci tangan yang baik dan benar di RSUD Bajawa Kota Bajawa Kabupaten Ngada, Jumat (9/11/2019). 

Meriahkan HKN Manajemen RSUD Bajawa Gelar Aneka

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Meriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2019 manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bajawa menggelar aneka kegiatan.

Kegiatan-kegiatan yang digelar adalah penyuluhan kesehatan, mencuci tangan dengan baik dan benar dengan lomba dance.

Lomba dance itu dikemas dengan tema bagaimana cara mengajarkan kepada petugas kesehatan dan juga masyarakat tentang lima momen mencuci tangan sebelum kontak dengan pasien.

Ketua panitia lomba yang juga Kepala Bidang Humas PSDM RSUD Bajawa, Personel Dula, menjelaskan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HKN 2019.

"Kegiatan berupa lomba dance cuci tangan dengan lagu kaka Enda dan kampanye cuci tangan 5 moment yaitu, sebelum kontak dengan pasien, sebelum melakukan tindakan dengan anti septik, sesudah kontak dengan pasien, sesudah kontak dengan cairan tubuh pasien, sesudah kontak dengan lingkungan pasien," ungkap
Personel Dula, kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (9/11/2019).

Dula menjelaskan saat bersamaan juga dilaksanakan sosialisasi enam
langkah mencuci tangan yang baik dan benar melalui dance kreasi yang dipentaskan.

"Kegiatannya lomba dance cuci tangan dengan lagu kaka Enda dan kampanye cuci tangan yang baik dan benar untuk mencegah penyakit menular," tegas Personel.

Ia menjelaskan kegiatan ini melibatkan semua komponen RSUD Bajawa, manajemen RSUD Bajawa, instalasi gawat darurat, semua instalasi rawat inap dan instalasi rawat jalan serta seluruh instalasi menunjang.

Ia mengatakan mencuci tangan dengan baik dan benar dapat membebaskan pelayan kesehatan dari infeksi penyakit terutama penyakit menular dan juga bagi masyarakat/pasien dapat mempercepat proses penyembuhan, menurunkan angka kesakitan serta dapat menekan angka kematian.

"Kegiatan lomba dilaksanakan di pelataran parkir RSUD Bajawa," paparnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Bajawa, drg. Maria Wea Betu, mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

drg. Maria menegaskan bahwa lomba dance dikemas dengan sosialisasi cara mencuci tangan yang baik dan benar diharapkan dapat dipraktek dalam rutinitas setiap hari.

4 Anak Di Bawah Umur Jadi Korban Pencabulan Seorang Pria di Jakarta, Ini Modus Pelaku

BREAKING NEWS : Jaksa Tahan Kadis Dukcapil dan Kasi Singkronisasi Data Dukcapil Ngada

"Kegiatan lomba dance cuci tangan dan kampanye cuci tangan ini adalah acara untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke 53. Harapan selanjutnya agar kegiatan ini tidak sebatas lomba, bisa di lanjutkan pada kegiatan rutinitas harian dalam pelayanan kepada pasien," ungkapnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved