DPMD Ende Gelar Bimtek Bagi Panitia Pilkades, Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan

penuh tanggung jawab dalam pelaksanaannya dan terhindar dari adanya sengketa pasca pemungutan suara.

DPMD Ende Gelar Bimtek Bagi Panitia Pilkades, Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Para Peserta Bimtek Panitia Pemilihan Kades 

DPMD Ende Gelar Bimtek Bagi Panitia Pilkades, Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan

POS-KUPANG.COM|ENDE--Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ende menggelar Bimtek bagi panitia pemilihan kepala desa di seluruh Kabupaten Ende, Rabu (6/11/2019) hingga Kamis (7/11/2019) di Wisma Emaus, Jalan Diponigoro, Kota Ende.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Albert Yani mengatakan pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa karena untuk setiap pelaksanaan tahapan harus selalu berpedoman kepada peraturan perundang – undangan.

“Panitia pemilihan mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pemilihan,”katanya.

Dikatakan semua pihak tentunya menginginkan terlaksananya Pilkades dengan sumber daya manusia panitia yang profesional dan penuh tanggung jawab dalam pelaksanaannya dan terhindar dari adanya sengketa pasca pemungutan suara.

Sejalan dengan amanat Peraturan Daerah Kabupaten Ende, Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Ende Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, Pasal 9 ayat (2) yang substansinya menyatakan bahwa salah satu tugas panitia Pemilihan Kabupaten adalah memberikan bimbingan teknis kepada panitia pemilihan.

“Untuk itu, sangat perlu dilaksanakan bimbingan teknis kepada panitia pemilihan,”ujarnya.

Dikatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada panitia pemilihan tentang tata cara pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Ende.

Tujuan dari pelaksanaan Bimtek ujar Albert adalah untuk meningkatkan kemampuan panitia pemilihan dalam menyeleng garakan pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Ende sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Peserta Bimtek sebanyak 159 orang yang merupakan Ketua Panitia dari 159 desa yang menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa serentak Gelombang II Tahun 2019.

Aparat Desa Di Ende Diharapkan Menggunakan Dana Desa Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Semua komponen yang ada di desa baik itu Kepala Desa bersama perangkatnya juga Badan Permusyawaratan Desa maupun masyarakat harus mempunyai komitmen untuk menggunakan dana desa sesuai kebutuhan masyarakat bukan berdasarkan keinginan.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved