147 Mahasiswa Prodi Komputer FT Unwira Digembleng di Oenesu

bukan tidak mungkin sebagian dari mahasiswa ini kela menjadi calon pemimpin masa depan, sehingga sedini mungkin mentalnya

147 Mahasiswa Prodi Komputer FT Unwira Digembleng di Oenesu
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Para mahasiswa peserta LKTD dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Ilmu Komputer, Unwira, ketika diberikan arahan oleh panitia di pelataran kampus, Kamis (31/10/2019) 

147 Mahasiswa Prodi Komputer FT Unwira  Digembleng di Oenesu

POS-KUPANG.COM I KUPANG--Sebanyak 147 mahasiswa semester I (satu) Program Studi Komputer, Fakultas Teknik, Unwira Kupang, bakal digembleng di Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Para mahasiswa yang dibagi dalam 10 kelompok ini, selama empat hari tiga malam (31 Oktober-4 Nopember) akan mengikuti Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) yang merupakan kelanjutan dari kegiatan masa bimbingan (Mabim) yang telah dilakukan di Kampus.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Ilmu Komputer, Filipus Yohanes Ulu didampingi Stering Commite (SC), Aprilianus K Lalo ketika ditemui POS KUPANG.COM disela-sela persiapan keberangkatan peserta LKTD di Kampus Unwira, Kamis (31/10/2019) membeberkan soal latar belakang dan tujuan digelarnya LKTD ini.

Filipus mengungkapkan, kegiatan ekstra kampus ini memang menjadi agenda tetap yang dilaksanakan HMPS Komputer. Total peserta yang akan mengikuti LKTD ini sebanyak 147 yang kesemuanya merupakan mahasiswa semester 1, Teknik Ilmu komputer.

Selama empat hari tiga malam, katanya, peserta dikonsentrasikan di  Aula SKB yang ada di Oenesu. Selama ini, digelar pula kegiatan diluar kampus namun nuansanya lebih kepada bina akrab. Dalam masa kepemimpinannya ini, lanjut putra Malaka ini, polanya dirubah dengan LKTD.

"Kegiatan LKTD ini merupakan perdana di kepemimpinan saya. Sebelumnya kita sudah gelar Mabim buat mahasiswa baru ini. Selama Mabim materi yang diberikan melibatkan senior dan lebih pada pengenalan kampus juga program studi," ujarnya.

Dia menambahkan, sebelum peserta diberangkatkan ke lokasi kegiatan LKTD, mereka diberikan pengarahan dan pesan oleh Dekan Fakultas Teknik, Patrisius Batarius, ST,MT.

Inti pesan dari Dekan, lanjut Filipus,  bahwa selama kegiatan nanti, orientasinya lebih kepada proses pembinaan mental dan aspek kepemimpinan. Dekan berharap peserta mengikutinya dengan serius serta menjaga nama baik almamater selama kegiatan di Oenesu.

Ketua Stering Commite, Aprilianus K Lalo menambahkan, Tema dari kegiatan LKTD perdana ini yakni "Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa yang Progresif, Militansi serta Berintegritas di era 4..0". Pemilihan tema ini dimaksudkan agar para mahasiswa ini diberikan bekal pengetahuan kepemimpinan dasar yang memadai.

Pasalnya, bukan tidak mungkin sebagian dari mahasiswa ini kela menjadi calon pemimpin masa depan, sehingga sedini mungkin mentalnya ditempa melalui kegiatan ekstra kampus.

"Para peserta dibagi dalam 10 kelompok dimana satu kelompok terdiri dari 15 orang. Selama kegiatan LKTD nanti, peserta diberikan bekal materi kepemimpinan yang akan disampaikan pemateri baik dari dosen juga dari rekan-rekan OKP terutama dari PMKRI Kupang," jelas Aprilianus.

Dirinya menambahkan, konsep yang dibuat Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Ilmu Komputer dengan kegiatan LKTD ini karena para mahasiswa baru ini tidak semua masuk di organisasi ekstra kampus.

Untuk itu HMPS terpanggil untuk membekali pengetahuan kepemimpinan minimal mahasiswa ini bisa percaya diri bukan saja di lingkungan kampus maupun di tengah masyarakat.

VIDEO: Gara-gara Pinjam Bendera Untuk Kerja JUT Kades Dobo Dijebloskan Ke Rutan Maumere.Ini Videonya

Reaksi Raffi Ahmad Tanggapi Video Syur Mirip Sang Isteri, Nagita Slavina Bungkam,Gisel Beri Dukungan

"Nanti materi teknis soal public speaking, teknik memimpin rapat, teknik berpidato, juga hal teknis keorganisasian akan disampaikan oleh para senior. Nanti pada puncak kegiatan akan digelar api unggun juga pentas seni yang dibawakan tiap kelompok," tambahnya.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved