TNI Bantu Petani Silawan Belu Panen Jambu Mente

kegiatan yang mereka lakukan itu sebagai wujud pengabdian mereka kepada masyarakat di daerah penugasan.

TNI Bantu Petani Silawan Belu Panen Jambu Mente
POS-KUPANG/TENI JENAHAS
Personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ membantu petani panen jambu mente sekaligus mengangkut sampai ke rumah pemilik kebun, di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu-NTT, Selasa (29/10/2019). 

TNI Bantu Petani Silawan Panen Jambu Mente

POS KUPANG.COM| ATAMBUA----Personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ membantu petani panen jambu mente di Dusun Nanaeklot, Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu-NTT, Selasa (29/10/2019).

Lima personil Pos Silawan yang dipimpin Pratu Vino membantu panen jambu mente di kebun masyarakat Silawan. Mereka memanen jambu mente lalu diisi dalam karung dan diangkut ke rumah pemilik kebun.

Hal itu dikatakan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada Pos Kupang.Com, Selasa (29/10/2019).

Menurut Ikhsanudin, musim panen jambu mente sudah tiba. Petani Silawan memiliki kebun jambu mente yang tergolong banyak. Ada kebun yang dekat dengan rumah ada pula yang jauh dari rumah. Petani yang memiliki kebun jauh membutuhkan waktu dan tenaga untuk mengangkut hasil panen jambu mente.

Kondisi jalan ke kebun ada yang mendaki dan juga menurun sehingga menguras tenaga saat kengangkut hasil panen jambu mente. Bahkan dengan hasil produksi jambu mente yang banyak, pemilik kebun malah kewalahan tenaga untuk mengangkutnya. TNI juga sering menemukan ibu-ibu rumah tangga memikul karung dari kebun ke rumah mereka masing-masing.

Kondisi ini yang ditangkap baik oleh personil Pos Silawan sehingga TNI berinisiatif membantu panen bersama petani dan mengangkut hasil panen ke rumah pemilik kebun.

Ikhsanudin mengungkapkan, bantun tenaga yang diberikan personil satgas sangat bernilai bagi petani yang benar-benar membutuhkan bantuan. Kehadiran TNI di perbatasan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Warga Silawan yang juga pemilik kebun, Mama Loni (39) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personil Pos Silawan yang telah membantu masyarakat memanen jambu mente.

Mama Loni merasa berterima kasih karena ketika ia membutuhkan tenaga untuk memikul hasil bumi, justru anggota TNI datang membantu. Ini adalah rahmat yang diberikan Tuhan melalui anggota TNI.

"Terima kasih banyak bapak tentara sudah bantu kami angkut hasil jambu mente. Kalau bapak tidak ada, saya bolak balik untuk pikul. Semoga bapak-bapak tentara sehat selau", ungkap Mama Loni.

Personil Pos Silawan, Prada Joko mengatakan kegiatan yang mereka lakukan itu sebagai wujud pengabdian mereka kepada masyarakat di daerah penugasan.

Pelatih Macan Kemayoran Edson Tavares Yakin Persija Mampu Bangkit, Ini Alasannya

Hadapi Tes CPNS Tahun 2019, Ini Yang Diharapkan Pencari Kerja di Sumba Timur

Selain bantuan tenaga, personil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ juga memberikan pelatihan masyarakat tetang cara membuat peyek dari biji jambu mente. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,
Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved