1.500 Guru Honor Di Ende Belum Terima Gaji

Ada sekolah-sekolah tertentu yang guru ASN hanya kepala sekolah sedangkan yang lainnya adalah guru honor

1.500 Guru Honor Di Ende Belum Terima Gaji
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Dinas P dan K Kabupaten Ende Melakukan Raker Dengan Komisi III DPRD Ende. 

1.500 Guru Honor Di Ende Belum Terima Gaji

POS-KUPANG.COM|ENDE---Sebanyak 1.500 orang guru honor atau guru tidak tetap (GTT) di Kabupaten Ende belum menerima gaji mereka selama tahun 2019 yang bersumber dari dana bos daerah atau yang lasim dikenal dengan Bosda.

Hal ini terungkap dalam rapat kerja antara Komisi III DPRD Kabupaten Ende dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Kamis (17/10/2019) di ruang sidang komisi DPRD Kabupaten Ende.

Terhadap hal tersebut Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Ende, Vinsen Sangu mengatakan bahwa pihaknya menyayangkan kelambanan dari pihak dinas yang terlambat membayar gaji bagi para guru honor.

Padahal keberadaan para guru honor tidak kalah penting dengan para guru yang berstatus ASN.

Bahkan pada daerah-daerah tertentu diluar Kota Ende guru honor justru menjadi ujung tombak dalam mengajar karena memang ada SD yang kekurangan guru ASN.

“Ada sekolah-sekolah tertentu yang guru ASN hanya kepala sekolah sedangkan yang lainnya adalah guru honor,”kata Vincen.

Namun demikian disayangkan bahwa ketika apa yang semestinya menjadi hak para guru honor justru diabaikan oleh pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende,ujar Vincen.

Oleh karena itu Vincen berharap agar pihak dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende segera membayar gaji para guru honor.

Vincen mengatakan ada hal yang juga perlu ditelusuri yakni bahwa guru GTT bakal menerima Gaji Bosda sebesar Rp1.500.000 perbulan.

Dengan syarat pungutan komite tidak didapat lagi oleh guru bersangkutan dan begitu juga dengan Dana BOS sudah tidak dapat lagi untuk guru GTT.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved