Simak Peryataan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Terkait Literasi

Kabupaten Kupang sesungguhnya bisa menjadi Kabupaten literasi. Beberapa kabupaten di NTT sudah menunjukan dan ternyata bisa.

Simak Peryataan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Terkait Literasi
ISTIMEWA
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe

Simak Peryataan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Terkait Literasi

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Kabupaten Kupang sesungguhnya bisa menjadi Kabupaten literasi. Beberapa kabupaten di NTT sudah menunjukan dan ternyata bisa.

Untuk menjadikan kabupaten literasi tergantung pada daya inovatif para kepala desa dengan memanfaatkan dana desa. Tentu merujuk pada juklak dan juknis agar tidak terjerat hukum.

Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe menyampaikan hal ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (16/10/2019).

Jerry mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya mengikuti kegiatan di Flores terkait literasi. Saat itu Bupati Lembata memberikan testimoni terkait penerapan program literasi. Bupati Lembata menyatakan kalau literasi di desa sangat gampang karena saat ini ada dana desa.

"Saya kira kalau semua kepala desa di Kabupaten Kupang plotkan dana desa sekitar Rp 50 juta untuk pengadaan buku-buku tentang pengembangan desa, saya kira luar biasa. Ada tersedia buku-buku itu tinggal bagaimana jiwa inovasi para kepala desa," ujar Jerry menunjukan beberapa buku untuk pengembangan desa.

Menurutnya, saat era digital dibutuhkan kreatifitas yang luar biasa di desa. Para kepala desa dengan buku yang ada bisa membaca dan berembuk bersama elemen terkait untuk memajukan desanya.

SMAK Seminari Labuan Bajo Rebut Juara Umum Kompetisi Mata Pelajaran tingkat SMA Katolik se NTT

Siprianus Kolo, Kades Sungkaen Divonis 18 Tahun Penjara

"Saya kira Dinas PMD juga harus proaktif memberikan sosialisasi kepada kepala desa. Literatur buku yang ada tinggal dibaca dan diimplementasikan di lapangan. Kita sekarang harus bekerja cepat bergerak maju bukan diam di tempat," tegas mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved