Universitas Indonesia Gelar Bakti Masyarakat Di Nangapanda

Universitas Indonesia (UI) Jakarta menggelar bakti masyarakat dan peneletian di Kecamatan Nangapanda,Kabupaten Ende

Universitas Indonesia Gelar Bakti Masyarakat Di Nangapanda
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Tim Dari Universitas Indonesia Melakukan Wawancara Kepada Orangtua Siswa. 

Universitas Indonesia Gelar Bakti Masyarakat Di Nangapanda

POS-KUPANG.COM|ENDE--Universitas Indonesia (UI) Jakarta menggelar bakti masyarakat dan peneletian di Kecamatan Nangapanda,Kabupaten Ende.

Pelaksanaan kegiatan yang dimulai dari awal Bulan Oktober 2019 melibatkan sejumlah dokter baik dokter umum dan dokter gigi juga ahli gizi serta psikolog dan antropologi.

Ketua tim Prof Dr Taniawati Supali dari Dept Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Kamis siang (10/10/2019) saat ditemui di SDK Detukune, Desa Jenggarangga, Kecamatan Nangapanda,Kabupaten Ende.

Prof Tania mengatakan bahwa keterlibatan Universitas Indonesia dalam intervensi kemasyarakatan khususnya di bidang kesehatan bukanlah hal yang baru namun sudah berlangsung lama semenjak beberapa tahun silam pada saat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dijabat oleh dr Dominikus M Mere yang sekarang sudah menjadi Kadis Kesehatan Provinsi NTT.

Dengan demikian ujar Prof Tania, kegiatan bakti masyarakat yang sekarang dilakukan adalah merupakan tahap lanjutan yang memang sebelumnya telah dilakukan oleh Universitas Indonesia.

Namun saat itu bakti sosial hanya melibatkan para dokter dari Fakultas Kedokteran sedangkan saat ini timnya cukup komplit dengan melibatkan sejumlah komponen baik itu ahli gizi juga dokter gigi dan antropologi,ujar Prof Tania.

Prof Tania mengatakan bahwa selama berada di Kecamatan Nangapanda tim dari Universitas Indonesia juga melakukan riset terkait dengan keberadaan stunting atau tumbuh kembang anak. Dengan demikian diharapkan dapat menjadi model guna mengatasi stunting di Indonesia maupun NTT utamanya. Riset tersebut didanai dari Universitas Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan oleh tim dari Universitas Indonesia di Kecamatan Nangapanda merupakan hasil pertemuan antara Wakil Rektor Bidang 3 Universitas Indonesia, Rosari Saleh dengan Ketua PPK Provinsi NTT, Ny Juliet Laiskodat beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dari pertemuan tersebut disepakati bahwa Universitas Indonesia akan menggelar pengabdian masyarakat dan riset di Kecamatan Nangapanda.

Terkait dengan riset yang ada Universitas Indonesia melakukan serangkaian wawancara baik kepada siswa dan orangtua siswa di 16 sekolah SD yang ada di Kecamatan Nangapanda.

Kepada orangtua siswa pihaknya melalui 15 orang tim pewawancara menanyakan soal pola makan dan juga kebersihan rumah dan air bersih juga WC serta rumah maupun ekonomi dari keluarga yang bersangkutan.

“Tim Kami melakukan wawancara terhadap sekitar 1000 orang anak SD di Kecamatan Nangapanda juga orangtua guna mengetahui pola kehidupan mereka yang pada akhirnya berhubungan dengan kesehatan,”kata Prof Tania.

Menurut Prof Tania anak SD yang dipilih dalam riset dengan pertimbangan bahwa mereka dipandang masih polos sehingga dengan demikian masih ada kesempatan untuk menata mereka menjadi lebih baik.

Sebelum Penusukan Wiranto, Menko Polhukam dan Tiga Tokoh Jadi Target Pembunuhan, Siapa Mereka?

FKUB NTT Selenggarakan Lomba Hymne dan Mars Kerukunan Antar Kampus

BPJN X Kupang Serahkan Mesin Pencacah Plastik & Genset ke 3 Daerah, Ini Harapan Sekda NTT

Disaksikan Pos Kupang.Com di SDK Detukune tim dari Universitas Indonesia melakukan wawancara dengan orantua siswa maupun dengan para siswa.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved