Bupati Belu Willybrodus Lay : Pemerintah Pusat Bangun Satu Lagi Bendungan di Belu

Pemerintah pusat telah .menyetujui usulan pembangunan sebuah bendungan dari Pemda Belu.

Bupati Belu Willybrodus Lay : Pemerintah Pusat Bangun Satu Lagi Bendungan di Belu
POS-KUPANG.COM/TENY JEHANAS
Bupati Kabupaten Belu Willy Lay 

Pemerintah Pusat Bangun Satu Lagi Bendungan di Belu

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Pemerintah pusat telah .menyetujui usulan pembangunan sebuah bendungan dari Pemda Belu. Sesuai rencana pembangunan mulai dilakukan tahun anggaran 2020.

Bupati Belu, Willybrodus Lay mengatakan hal ini ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/10/2019). Atas hal ini Bupati Willy menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah membangun secara serius dari wilayah perbatasan NKRI.

Bupati Willy mengatakan, jika bendungan yang terletak antara Desa Derok Faturene dan Desa Lo'okeu, Kecamatan Tasifeto Barat rampung, persoalan air bersih di Kota Atambua dan sekitarnya akan tuntas. Warga di kota perbatasan NKRI ini akan mudah mengakses air bersih satu kali 24 jam.

Letak bendungan itu 650 DPL sedangkan Kota Atambua terletak 400 meter DPL sampai 420m DPL. Karena sistim gravitasi air akan lebih mudah dialirkan ke Kota Atambua. Kini, kata Bupati Willy, sedang dilakukan studi kelayakan pada areal sekitar tujuh hektar itu

Daya tampung air kata dia sepuluh kali lipat Bendungan Rotiklot. Dengan kondisi ini kata Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Belu ini kesejahteraan masyarakat akan terpenuhi.

Jadi kata dia, air yang berlimpah ini tidak saja dimanfaatkan untuk air minum, namun bisa bermanfaat untuk kebutuhan produktif lain.

Air yang berlimpah dapat digunakan untuk budidaya berbagai tanaman sayur-sayuran, buah-buahan maupun untuk peternakan.

Tentang biaya proyek multiyears ini Bupati Willy mengatakan belum tahu. Sebab biaya yang digelontorkan dari APBN. "Kami menunggu saja taksasi biaya dari APBN," katanya.

Selama memimpin Belu, bupati yang dikenal meraktat ini banyak melalukan terobosan pembangunan. Di bidang fiskal, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi NTT memberi penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemda Belu tahun 2018 yang diterima Bupati Willy tahun 2019.

Bupati Willy menilai bahwa WTP merupakan keharusan bagi setiap Pemda jika semua aparatur bekerja dengan tekun dan disiplin. Di bidang pariwisata, bupati telah melakukan banyak event untuk terus memperkenalkan wilayahnya.

Festival Fulan Fehan yang sudah berlangsung dua kali sukses dilakukan. Tahun ketiga akan terlaksana tanggal 28 Oktober 2019.

Koleksi Produk Brandedmu Sekarang, Ada Diskon Hingga 75 Persen di Ramayana Mall

Sekda Ngada : Kami Usul 1.400 Formasi CPNS ke BKN

Pendeta Andreas Jelaskan Bagaimana Istri Harus Bersikap Ketika Suami Pulang Kerja

Buah dari festival itu, satu di antaranya pemerintah pusat mengundang penari likurai dari Belu untuk tampil saat pembukaan Asian Games 2018 dan HUT Proklamasi ke-74 RI di istana negara. (laporan Reporter POS KUPANG. COM, Paul Burin))

Penulis: Paul Burin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved