Para Kepsek se-Kabupaten Kupang Ikut Diklat, Ini Pesan Bupati Korinus

menyiapkan Kepala Sekolah yang kompeten dan mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya.

Para Kepsek se-Kabupaten Kupang Ikut Diklat, Ini Pesan Bupati Korinus
Humas Setda Kupang
Bupati Kupang, Korinus Masneno memberikan tanda peserta kegiatan Diklat bagi Kepala Sekolah Tingkat SD-SMP Se-Kabupaten Kupang, Selasa (8/10/2019). 

Para Kepsek se-Kabupaten Kupang Ikut Diklat, Ini Pesan Bupati Korinus

POS- KUPANG.COM I OELAMASI--Salah satu kebijakan Prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang adalah menyiapkan Kepala Sekolah yang kompeten dan mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya.

Untuk maksud itu, para Kepala Sekolah dari TK-SMP dihadirkan untuk mendapat pendidikan dan pelatihan (diklat) agar mereka memiliki bekal pengetahuan memimpin, membangun tata kelola dan budaya mutu di Sekolah sehingga  berdaya saing tinggi dan berkualitas.

Bupati Kupang, Korinus Masneno saat membuka secara resmi kegiatan Diklat  bagi Kepala Sekolah Tingkat SD-SMP Se-Kabupaten Kupang, Selasa (8/10/2019) menyampaikan beberapa pokok pikiran kepada para kepsek.

Menurut Bupati Masneno, Kepala Sekolah merupakan pemimpin yang harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada untuk dikembangkan. Selain itu penting juga untuk mengindentifikasi masalah dan memperbaikinya sebagai upaya pengembangan Sekolah.

Lebih lanjut Orang Nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut mengharapkan agar para Kepala Sekolah mampu memberikan semangat dan penghargaan kepada para Guru, tenaga kependidikan, peserta didik agar mampu menggapai prestasi dan memiliki inovasi untuk maju.

“Kepala Sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir,” ungkap Bupati Masneno.

Terkait dengan Diklat bagi Kepala Sekolah, Masneno menjelaskan merupakan implementasi amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah, dan merupakan prasyarat untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah. Besar harapannya agar kegiatan Diklat ini memberikan penguatan dan memantapkan wawasan, pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan.

Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kupang, Imanuel Buan,;menyatakan pentingnya pelaksanaan Diklat bagi Kepala Sekolah demi meningkatkan kualitas dan pengetahuan yang unggul dalam pengelolaan akuntabilitas dan pencitraan publik.

Selain itu tujuan lainnya para Kepala Sekolah mempunyai kompetensi dalam menjalankan tugas, peran dan fungsinya demi meningkatkan mutu pendidikan.

Panitia pelaksana kegiatan Nonce Tefa dalam laporannya menyatakan kegiatan Diklat dilaksanakan selama 7 hari (76 jam pelajaran, 45 menit perjam) sejak tanggal 8 s/d 14 Oktober 2019.

Peserta kegiatan 210 orang dengan rincian Kepala Sekolah TK: 10 orang, SD 132 Orang, dan SMP 68 Orang.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Diklat ini diantaranya literasi digital, teknik analisis manajemen, pengelolaan keuangan, pengelolaan kurikulum, supervisi PTK, supervisi PK Guru, kepemimpinan perubahan, pengembangan kewirausahaan, pengembangan Sekolah berdasarkan 8 SNP.

Tertarik Ikut Lelang Mobil Online? Bea Cukai Lelang 76 Mobil Subaru

BREAKING NEWS : Wow ! Per Jerigen Rp 300.000, Pedagang Eceran BBM Naikan Rp 50.000/Botol

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan NTT Muhammad Irfan,  Sekretaris BKPSDM,  Guntur Taopan, Beadrys R. Kolnel, Kabag Humas SetdaKupang, Martha M. Para Ede.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved