Indonesia dan Australia Dapat Dukungan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Negara Indonesia dan Australia mendapat Dukungan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

KOMPAS.com/DOK. KEMENPORA
Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto, menghadiri acara the 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipina, Senin (7/10/2019). 

Negara Indonesia dan Australia mendapat Dukungan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

POS-KUPANG.COM | MANILA - Negara Indonesia dan Australia mendapat Dukungan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034.

Delegasi Indonesia yang dipimpin Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto, menghadiri acara the 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipina, Senin (7/10/2019).

Selama 8 Tahun Terbungkus Rapi, Jejak Cabul Mulai Terbongkar, Sudah 3 Korban Melapor ke Polisi

Pertemuan antara wakil-wakil negara se-ASEAN itu akan berlangsung hingga Selasa (8/10/2019), dan berlanjut pada Rabu (9/10/2019) untuk tingkat the 5th ASEAN Ministerial Meeting (AMMS-5).

Dalam pertemuan itu, dihasilkan beberapa keputusan. Beberapa hal yang penting yang dibahas dan disepakati pada hari pertama tersebut adalah menyangkut pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Dalam press release tersebut, meskipun Indonesia melalui PSSI sudah mengusulkan diri bersama Australia untuk mencalonkan diri menjadi salah satu co-host Piala Dunia 2034.

BREAKING NEWS : Tabrakan Fuso Dengan Sepeda Motor, Satu Korban Dilarikan Ke Rumah Sakit

Akan tetapi, demikian pihak ASEAN saling mengingatkan untuk tetap mendukung kedua negara tersebut.

Sebelum digelar SOMS-9, Gatot S. Dewa Broto juga telah berkonsultasi dengan PSSI, yang intinya untuk dilakukan pembahasan bersama antara AFC, AFF dan Sekretariat ASEAN.

"Tidak mungkin seluruh negara ASEAN menjadi lokasi pertandingan (maksimal mungkin 3 negara), masing-masing negara harus melakukan koordinasi dengan federasi sepakbolanya," ucap Gatot.

"ASEAN harus memanfaatkan momentum giliran kawasan Asia di tahun 2034 dengan maksimal, karena jika tidak akan jatuh pada Cina," katanya melanjutkan.

Sementara itu, sejak Piala Dunia resmi digelar pertama kali pada 1930, hanya tiga negara Asia yang berhasil menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar di dunia itu.

Ketiga negara tersebut adalah Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang bersama Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. Adapun Qatar yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Selain pembahasan pencalonan Piala Dunia 2034, seluruh negara ASEAN yang hadir dalam SOMS-9 juga mendukung sepenuhnya pencalonan Indonesia untuk bidding U-20 Piala Dunia tahun 2021.

Adapun penentuan lolos atau tidaknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dilakukan pada tanggal 23 atau 24 Oktober 2019. Indonesia akan bersaing dengan Brasil dan Peru. (Kompas.com/Nirmala Maulana Achmad)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Dapat Dukungan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved