SMK-PP Negeri Kupang Gelar Sosialisasi Kegiatan Karya Tulis Ilmiah

Lembaga SMK-PP Negeri Kupang Menggelar Sosialisasi Kegiatan Karya Tulis Ilmiah

SMK-PP Negeri Kupang Gelar Sosialisasi Kegiatan Karya Tulis Ilmiah
ISTIMEWA
Sosialisasi kegiatan KTI ( Karya Tulis Ilmiah) kepada siswa-siswi kelas X dan XI SMK-PP Negeri Kupang, Sabtu (5/10/2019). 

Lembaga SMK-PP Negeri Kupang Menggelar Sosialisasi Kegiatan Karya Tulis Ilmiah

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Hari Sabtu (5/10/2019), dilaksanakan sosialisasi kegiatan KTI ( Karya Tulis Ilmiah) kepada siswa-siswi kelas X dan XI SMK-PP Negeri Kupang.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang makan SMK-PP Negeri Kupang sejak pukul 20.00 WITA, tepatnya usai makan malam.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh perwakilan Tim KTI SMK-PP Negeri Kupang, yakni Adyanto Banamtuan, Astrid Loak, Nikodemus Luku Usfinit dan Aisy Karima Dewi.

Bupati Ende, Drs Djafar Achmad: Masyarakat Menanti Kerja Bukan Janji DPRD Ende

Kegiatan KTI merupakan kegiatan pengembangan minat bakat bagi siswa-siswi SMK-PP Negeri Kupang.

Kegiatan ini dilatarbelakangi keinginan SMK-PP Negeri Kupang untuk mewujudkan visinya, yakni "menghasilkan SDM pertanian yang professional, mandiri, berdaya saing untuk menyiapkan job creator dan job seeker dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani".

Dalam dunia pertanian yang selalu bergerak maju untuk memenuhi kebutuhan manusia, diperlukan inovasi-inovasi di bidang pertanian. Insan-insan pertanian seperti siswa-siswi SMK-PP Negeri Kupang adalah generasi penerus yang harus diasah sehingga mampu menciptakan inovasi-inovasi tersebut. Sebab itulah kegiatan KTI ini dilaksanakan.

Akhirnya Terungkap Alasan Pelatih Persib Bandung Enggan Komentari Wasit, Ternyata Ini yang Ditakuti

"Indonesia, khususnya provinsi Nusa Tenggara Timur sangat memerlukan inovasi di bidang pertanian yang tidak hanya baru, tetapi sesuai dengan kearifan lokal dan memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat," tutur Ir. Stepanus Bulu, MP, selaku Kepala SMK-PP Negeri Kupang.

"Karya Tulis Ilmiah merupakan karya yang disajikan dalam bentuk tulisan dan berdasar pemikiran, kajian atau penelitian," ujar Erlinda, siswi Kelas X Jurusan Keperawatan Ternak, saat ditanyai apa yang ia ketahui tentang KTI.

Adyanto memotivasi siswa-siswi agar mengikuti kegiatan ini, sebab Kegiatan KTI dapat melatih kemampuan berpikir logis, sistematis dan tentunya inovatif.

Nikodemus menghimbau agar saat mengikuti kegiatan KTI, siswa-siswi tidak terpaku pada hasil yang hendak dicapai. Tetapi menikmati proses belajarnya.

Memang, kadang-kadang buah tidak langsung muncul seketika, bisa jadi hasil dinikmati bertahun-tahun setelah sebuah amal dilaksanakan.

Setelah kegiatan sosialisasi ini, akan dilaksanakan pendaftaran bagi siswa-siswi yang tertarik.

Siswa-siswi yang telah tergabung dalam kegiatan KTI akan dibentuk dalam kelompok-kelompok yang wajib melaksanakan sebuah uji coba atau penelitian.

Nantinya mereka juga akan dibimbing sehingga dapat menuangkan hasil penelitiannya dalam bentuk karya tulis. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved