Hadapi Aksi Unjuk Rasa, Polda NTT Kedepankan Negosiator Polwan, Ini Tujuannya

Dalam menghadapi aksi unjuk rasa, Polda NTT kedepankan negosiator Polwan, ini tujuannya

Hadapi Aksi Unjuk Rasa, Polda NTT Kedepankan Negosiator Polwan, Ini Tujuannya
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Anggota saat mengawal aksi unjuk rasa di depan Mapolda NTT, medio September 2019 

Dalam menghadapi aksi unjuk rasa, Polda NTT kedepankan negosiator Polwan, ini tujuannya

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Polda NTT menerapkan pendekatan humanis dan persuasif dalam menghadapi aksi-aksi unjuk rasa ( unras) atau demonstrasi yang dilakukan masyarakat atau kelompok masyarakat di wilayah hukum Polda NTT

Pendekatan humanis dan persuasif tersebut dilakukan oleh anggota Polisi Wanita ( Polwan) yang tergabung dalam Peleton Negosiator. 

Jaoa Meco Daftar Jadi Balon Bupati TTU di Partai NasDem

Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast ketika diwawancarai POS-KUPANG.COM, Jumat (4/10/2019). 

"Kita (Polda NTT) selalu mengedepankan pendekatan yang humanis dan persuasif dalam menghadapi teman teman yang melakukan aksi demonstrasi," ujar Kombes Pol Jules. 

"Negosiator itu terdiri dari para polwan dari seluruh satker di Polda NTT dalam Peleton Negosiator, mereka yang melakukan negosiasi dan pendekatan ketika terjadi unjuk rasa," tambah Mantan Kapolres Manggarai Barat ini.

Jonas Salean Siap Tuntaskan Masalah Air Bersih di Kota Kupang, Begini Caranya

 Kesempatan tersebut, Kombes Pol Jules juga mengapresiasi pelaksanaan aksi unjuk rasa dan demonstrasi di wilayan NTT yang berlangsung tertib dan damai, tanpa aksi anarkisme.

Sebelumnya, pada Kamis 26 September 2019 telah dilaksanakan pembentukan Peleton Negosiator Polda NTT. Pembentukan peleton negosiator ini dilaksanakan saat apel siaga antisipasi gangguan kamtibmas di lapangan utama Mapolda NTT.

Peleton negosiator yang terdiri dari anggota polisi wanita  ini akan dikerahkan untuk mengamankan aksi demonstrasi, khususnya dalam melakukan negosiasi-negosiasi dan pendekatan dengan para demonstran.

Saat apel pembentukan Peleton Negosiator tersebut, Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Drs. Rudi Kristantyo menyampaikan, satu pleton polwan dari berbagai satker tersebut akan disiagakan untuk pengamanan aksi demonstrasi sebagai negosiator khususnya di wilayah hukum Polda NTT.

Menurutnya, anggota akan mengedepankan prosedur tetap dan sikap persuasif serta humanis dalam menghadapi massa.

“Unras (unjuk rasa) dihadapi dengan protap. Kita kedepankan persuasif dan humanis untuk menghadapi massa,” jelas Kombes Pol Drs. Rudi Kristantyo. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved