Ini Cara KEBBO UMA Kupang Membangun SDM dan Merajut Daya Saing Putra-putrinya

Ini cara KEBBO UMA Kupang ( Keluarga Besar Bu Lio Maumere) membangun SDM dan merajut daya saing putra-putrinya

Ini Cara KEBBO UMA Kupang Membangun SDM dan Merajut Daya Saing Putra-putrinya
ISTIMEWA
Pater Yulius Yasinto menyerahkan bantuan beasiswa kepada salah satu siswa, 13 Juli 2019. 

Ini cara KEBBO UMA Kupang ( Keluarga Besar Bu Lio Maumere) membangun SDM dan merajut daya saing putra-putrinya

POS-KUPANG.COM | KUPANG - KEMAJUAN pembangunan di segala bidang sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang kian pesat menuntut adanya pelaku pembangunan yang memiliki daya saing tinggi.

Pelaku pembangunan yang memiliki daya saing tinggi adalah pelaku yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang baik dan handal.

KEBBO UMA Kupang Biayai Pendidikan 142 Siswa, Ada yang Tamat PT dan Sudah Bekerja

Untuk memiliki orang dengan SDM yang baik dan handal membutuhkan investasi di bidang sumber daya manusia (human investmen) berupa pendidikan dan pelatihan.

Itu sebabnya banyak organisasi, mulai dari organisasi terkecil (keluarga) hingga organisasi besar berlomba-lomba mengirimkan orang (anak) atau tenaganya mengikuti pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan SDM yang bersangkutan sehingga mampu menghadapi persaingan.

Ketua KEBBO UMA Kupang, Yosef Rasi, S.Sos, M.Si menyerahkan bantuan beasiswa diterima orangtua siswa.
Ketua KEBBO UMA Kupang, Yosef Rasi, S.Sos, M.Si menyerahkan bantuan beasiswa diterima orangtua siswa. (ISTIMEWA)

Di Kota Kupang ada begitu banyak komunitas yang hadir berdasarkan suku dan daerah. Satu di antara begitu banyak komunitas yang memikirkan investasi di bidang SDM ini adalah komunitas KEBBO-UMA Kupang.

Komunitas yang dinakhodai Yosef Rasi ini hadir tak hanya sebagai wadah berkumpul untuk kegiatan arisan bagi warga dari suatu daerah atau suku. Tapi bersamaan dengan arisan itu mereka menyisihkan sedikit iuran dari anggota untuk bantuan beasiswa pendidikan bagi anak-anak mereka.

Dititipkan ke Tantenya, Malah Bocah 6 Tahun Dianiaya Kekasih Lesbi hingga Tewas, Kronologi Info

Gagasan ini lahir dari hasil permenungan mendalam agar anak-anak mereka yang berada di dalam komunitas itu kelak mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan global. Mereka yakin hanya dengan bekal pendidikan yang baik dan memadai sejak dini, kemampuan SDM anak-anak mereka akan menjadi lebih baik. Dan dengan memiliki kemampuan SDM yang baik, anak-anak mereka akan mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju saat ini.

Para penerima beasiswa berfoto bersama
Para penerima beasiswa berfoto bersama (ISTIMEWA)

Ketua KEBBO UMA Kupang, Yosef Rasi, S.Sos, M.Si kepada Pos-Kupang.Com, Rabu (2/10/2019), menjelaskan, hingga tahun ketujuh, Komunitas KEBBO UMA ( Keluarga Besar Bu Lio Maumere) Kupang telah membantu membiayai pendidikan bagi 142 siswa siswi asal Bu Lio Maumere yang ada di Kupang. Siswa siswi yang dibiayai itu mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi (PT).

Saat berdiri Agustus 2012, kisah Yosef, jumlah anggota KEBBO UMA Kupang 32 kepala keluarga (KK). Pada awalnya wadah ini berdiri dalam bentuk kelompok arisan agar setiap bulan warga asal Lio Maumere yang ada di Kupang bisa saling bertemu.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved