PKB Usung Muhaimin Iskandar Jadi Ketua MPR, NasDem Dukung Kader Golkar

Partai PKB mengusung Muhaimin Iskandar jadi Ketua MPR, Sementara NasDem mendukung Kader Golkar

PKB Usung Muhaimin Iskandar Jadi Ketua MPR, NasDem Dukung Kader Golkar
KOMPAS.com/FIKRI YUSUF
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) Muhaimin Iskandar berfoto menjelang pembukaan Muktamar V PKB di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (20/8/2019). 

Partai PKB mengusung Muhaimin Iskandar jadi Ketua MPR, Sementara NasDem mendukung Kader Golkar

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Partai PKB mengusung Muhaimin Iskandar jadi Ketua MPR, Sementara NasDem mendukung Kader Golkar. Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) akan mengusung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk menjadi ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat ( MPR) periode 2019-2024.

Anggota Dewan Syura PKB Maman Imanulhaq mengatakan, Muhaimin yang akrab disapa dengan nama Cak Imin itu dipilih karena faktor usia dan pengalamannya.

Saat Festival Literasi Nagekeo 2019, Ibu-ibu di Mbay Olah Daun Lontar Jadi Barang Bernilai Ekonomis

"Dilihat dari senioritas dan dilihat dari posisi ketua umum, kita akan terus berusaha menjadikan gus Muhaimin sebagai pimpinan, ketua MPR," kata Maman di Kompleks Parlemen, Minggu (29/9/2019).

Maman menuturkan, latar belakang Muhaimin yang berasal dari kalangan Nadhatul Ulama juga menjadi salah satu alasan PKB mengusung Muhaimin menjadi Ketua MPR.

Menurut Maman, Muhaimin telah mendapatkan masukan dari sejumlah kiai tentang bagaimana cara agar MPR efektif menjaga ideologi Pancasila.

Hadiri Pembekalan Anggota MPR, Begini Respon Mulan Jameela Saat Diwawancara Media

"Sehingga sosialisasi empat konsensus dasar kenegaraan ini betul-betul sistematis. Tidak sekadar seremonial, tapi bahwa ideologi Pancasila ini menjadi hal penting menuju tinggal landas Indonesia maju," ujar Maman.

Maman mengatakan, PKB sedang membangun komunikasi politik dengan partai-partai lainnya mengingat saat ini sudah ada nama lain yang dijagokan menjadi Ketua MPR yaitu Bambang Soesatyo.

Ia melanjutkan, PKB mempunyai sejumlah kriteria yang dinilai wajib dimiliki seorang Ketua MPR yaitu kenegarawanan, berpengalaman di eksekutif dan legislatif, serta mau mendengar aspirasi masyarakat.

"Kita membutuhkan seorang leader, seorang ketua MPR yang memahami tentang realitas masyarakat satu sisi tetapi juga memahami komunikasi politik di akar rumput mengimplementasikan konsensus dasar kenegaraan kita," kata Maman.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved