Pengukuhan Pengurus KKBM Kupang, Gubernur Viktor Laiskodat Pesan Perkuat Narasi Budaya

Pengukuhan Pengurus KKBM Kupang, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pesan perkuat narasi budaya

Pengukuhan Pengurus KKBM Kupang, Gubernur Viktor Laiskodat Pesan Perkuat Narasi Budaya
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Gubernur Viktor Laiskodat bersama Bupati Sikka saat acara hegong massal dalam rangka pelantikan pengurus KKBM Kupang di GOR Flobamora Oepoi Kupang, Sabtu (28/9/2019) 

Pengukuhan Pengurus KKBM Kupang, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pesan perkuat narasi budaya

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Gubernur Nusa Tenggara Timur ( Gubernur NTT ) Viktor Bungtilu Laiskodat mengingatkan kepada segenap pengurus dan warga Kerukunan Keluarga Besar Maumere ( KKBM) Kupang untuk memperkuat narasi budaya dalam rangka menghidupkan nilai luhur budaya Sikka.

Narasi budaya, menurut Viktor harus menjiwai dan menjadi sesuatu yang khas dalam perjalanan Kerukunan Keluarga Besar Maumere Kupang kedepan.

"Saya minta pengurus KKBM yang akan dikukuhkan ini membuat satu program unggulan, membuat Narasi tentang seluruh budaya yang berasal dari Kabupaten Sikka," ujar Viktor saat memberi sambutan saat acara parade hegong massal dalam rangka pengukuhan pengurus KKBM Kupang di Gor Flobamora Oepoi pada Sabtu (28/9/2019) petang. 

Viktor yang diangkat menjadi warga kehormatan dan pelindung "orang Maumere" di Kupang itu bahkan menganjurkan agar KKBM menjadikan narasi budaya sebagai satu program unggulan dalam kepengurusan periode 2019-2023. 

“Jangan kita buatkan program yang banyak tetapi tidak berjalan baik, lebih baik kita buat satu program saja yang dampaknya sangat baik kedepannya," ujarnya. 

Hal ini, lanjut Viktor, berkaca pada keringnya narasi yang dibagun untuk kekayaan budaya dan alam yang kaya dan beragam di Provinsi NTT. 

"Kenapa NTT yang begitu banyak punya atraksi tapi kelihatan kering, ya karena hampir semua narasinya tidak ada. Saya yakin NTT akan meninggalkan stigma buruk kemiskinan, kalau kita serius mengurus budaya dan alam, kalau kita serius membuat narasi terhadap budaya dan alam kita," ujar Viktor. 

Mantan anggota DPR RI ini juga mengakui dan mengapresiasi kemampuan bernarasi "orang Maumere" melalui tulisan. Ia bahkan memuji orang maumere sebagai penulis yang hebat. 

“Saya tahu bahwa orang-orang Sikka itu hebat menulis. Lagu saja ditulis dan saat ini sudah mendunia. Contohnya lagu Gemu Famire yang baru saja dinyanyikan oleh penyanyi aslinya. Sehingga sangat disayangkan kalau budaya yang merupakan warisan dari nenek moyang kita dahulu kala, tidak mampu diceritakan kembali saat ini. Urusan benar atau salah bukan menjadi soal, namanya juga cerita, bisa benar bisa juga salah,”  ujar politisi yang didaulat menjadi "Moan Viktor" ini.  

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved