Pemkab Kupang Diminta Secepatnya Antisipasi Ancaman Gagal Panen, Ini Kondisinya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang diharapkan secepatnya mengambil langkah dalam upaya mengatasi ancaman gagal panen.

Pemkab Kupang Diminta Secepatnya Antisipasi Ancaman Gagal Panen, Ini Kondisinya
ISTIMEWA
Adhi Koroh 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang diharapkan secepatnya mengambil langkah dalam upaya mengatasi ancaman gagal panen.

Kondisi alam yang tidak bersahabat membuat hampir semua petani di daratan Timor pusing kepala. Khusus  keluhan  petani di Desa Noelbaki,  Kecamatan Kupang Tengah diharapkan ada solusi dengan cara koordinasi bersama Pemprov NTT untuk tanggap darurat.

Anggota DPRD Kabupaten Kupang,  Samuel Adhi Koroh menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM, Rabu (25/9/2019).

Politisi PKPI ini mengatakan, selaku anggota dewan Dapil Kupang I, dirinya akan berkordinasi dengan pemerintah Kabupaten Kupang, untuk segera mencari solusi. Pemkab Kupang harus secepatnya mengambil langkah antisipasi, berkoordinasi dengan Pemprov bagaimana solusi tanggap darurat, agar bisa membagi air dari Bendungan Tilong.

4 Petinju NTT Raih Kemenangan di Kejurnas Tinju Senior dan Seleksi Pra PON, 8 Petinju NTT ke PON

Gelandang Serang Anyar Persija Jakarta Masih Tumpul, Jadi Pemicu? Komentar Ferry Paulus, Info

"Harapan satu-satunya adalah air bendungan Tilong bisa dibagi ke lokasi sawah Noelbaki. Sementara jangka panjangnya pemerintah segra lihat, dengan membangun sumur bor dan beberapa kolam tampungan air seperti yang disampaikan para petani. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-Larut.  Pemerintah secepatnya sikapi," ujar Adhi.

Anggota DPRD Kupang dua periode ini menambahkan, mengingat Desa Noelbaki dan sekitarnya merupakan lumbung beras di Kabupaten Kupang, jadi pemerintah kabupaten Kupang jangan tutup mata melihat kondisi ini.

Sebelumnya diberitakan, ptani sawah di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang harus mengerutkan kening.

Pasalnya, saat ini lahan sawah yang sedang digarap mengalami krisis air yang selama ini dipasok dari Bendungan Tilong semakin kurang. Hal ini menyusul debit air Tilong yang mengalami penurunan hingga 50 persen.

Kepala Desa Noelbaki, Melkisedek Keubana, Selasa (24/9/2019) mengakui, terhadap krisis air ke sawah petani, dirinya didatangi Kelompok Tani P3A "Rindu Sejahtera" Dusun Dendeng.  Luas lahan sawah keseluruhan yang diolah selama ini 292 hektar yang biasanya dikerjakan dalam dua musim.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved